Isuzu Bellett GT-R, Maaf, Bukan Penengak Solar!

Isuzu Bellett GT-R
Nama Isuzu, bagi orang Indonesia pasti identik dengan 2 hal : Isuzu Panther, serta kendaraan niaga berbahan bakar solar. Namun sebenarnya, Isuzu juga (pernah) memiliki beberapa sportcar juga lho! Bahkan, menurut Pedal2theMetal sih, memiliki performa & sejarah yang cukup menarik. Penasaran bagaimana sportcar dari Isuzu? Klik saja selengkapnya!

Isuzu Bellett GT
Perkenalkan, Isuzu Bellet GT-R, yang berbeda dengan Skyline “Hakosuka” PGC10 GT-R, kode GT-R yang dipakai Isuzu berarti GT (Gran Turismo) Type-R. Isuzu sendiri, merupakan pabrikan mobil Jepang pertama yang memakai kode Type-R, lebih awal dari Honda
.
Didesain oleh desainer kenamaan dari Italia bernama Giovanni Michelotti, Bellet GT-R benar-benar mirip dengan sportcar legendaris dari Italia lainnya, misalnya Alfa Romeo Giulia Sprint GT. Coba anda bandingkan, mirip kan? Meski begitu, Michelotti masih menanamkan ciri khas dari Bellet, basis mobil ini.

Isuzu Bellett GT-R
Diperkenalkan pada September 1969, Isuzu membuat Bellet GT-R sebagai sportcar yang lebih spesial dari varian GT. Apa saja kelebihannya? Yang pertama adalah pilihan warnanya. Kustomer bebas memilih warna apa saja yang mau dipakai, serta memakai kap mesin berwarna hitam.

Isuzu Bellet GT
Mesin yang dipakai Isuzu sendiri, adalah mesin canggih G161W cabutan dari Isuzu 117 Coupé. Mengapa Pedal2theMetal menyebutnya mesin canggih? Ini karena mesin ini, merupakan mesin pertama dari Jepang yang memakai camshaft ganda (DOHC), serta teknologi injeksi elektronik! Hebat kan?

Isuzu Bellet GT
Karena performanya yang bagus serta teknologi canggihnya, Bellet GT-R yang memiliki bobot hanya 921kg ini sering dipakai pemiliknya dalam beberapa kompetisi, seperti Rally, Touring ataupun lomba ketahanan, bersaing dengan Hakosuka GT-R yang muncul 6 bulan kemudian.

Isuzu Bellet GT
Agar makin ekslusif, Isuzu hanya membuat 1.400 unit Bellet GT-R, yang membuatnya menjadi jarang ditemukan lagi, apalagi di luar Jepang. Bagi yang ingin merasakan performa Bellet GT-R, jangan khawatir, karena mobil ini tersedia dalam game Gran Turismo 4 serta 5!


Ingin melihat bagaimana performa Bellet GT-R? Saksikan saja video ini, bagaimana gesit & uniknya suara mesin G161W yang garang. Sayang, Isuzu sudah tidak membuat sportcar sehebat Bellet GT-R lagi, selain Impulse yang kurang sukses…

Sumber Foto : moka_mon Flickr Page

21 thoughts on “Isuzu Bellett GT-R, Maaf, Bukan Penengak Solar!

  1. Nah iniii..gw baru tau isuzu bikin Mobil sport desain itali lagi..kirain cuma bisa bikin panther sama elf..sayang bener Ga diterusin. Padahal dulu waktu mesra sama GM kan bisa digabung sama small block-nya Chevy..

  2. Wuiihh sangar tuh isuzu LS1..bisa saingan sama corvette..sayangnya Ga dilakuin, bisa jadi acuan atpm nih..hhaahaa

  3. Wah, trims banget bikin artikel ini. Isuzu dari jaman dulu memang terkenal di dunia sedan dan truk. Perpaduannya ketemu di pickup yang akhirnya jadi SUV dan MPV (Panter)

    Salam IsuzuLover

    • Yo! Isuzu emang keren sebenarnya,,,Terutama di sektor mobil-mobil pengangkut kelas berat

      Sayang dah gak bikin sedan lagi, padahal kalau bikin sedan diesel, kenceng & irit,,, pasti banyak yang beli🙂

  4. Pingback: Pahlawan JDM Part.1 : Shinichiro Sakurai, “Skyline no Chichi / Father of Skyline” « Pedal 2 the Metal Autoblog

  5. Pingback: Life Through the Lens : Old Japanese Cars by Sū-San | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s