Nissan Prince Royal, Tunggangan Kekaisaran Jepang!

Nissan Prince Royal
Bisa dibilang, inilah mobil JDM termewah & paling “elit” yang pernah diulas Pedal2theMetal. Tentu saja, karena sedan limousine ini, merupakan salah satu kendaraan resmi Kekaisaran Jepang. Mengapa mobil ini beruntung menjadi kendaraan resmi Kekaisaran Jepang? Klik saja selengkapnya!

Awalnya, kendaraan resmi Kekaisaran Jepang adalah Rolls-Royce Phantom V. Berhubung industri otomotif Jepang sedang melaju pesat, agensi Kekaisaran Jepang memiliki keinginan agar salah satu pabrikan mobil Jepang untuk membuat mobil khusus yang pas dengan Kaisar Jepang.

Nissan Prince Royal
Menjawab “tantangan” yang hebat ini, Prince Motor Company pada September 1965, akhirnya mengumumkan bahwa mereka siap menyediakan 2 mobil spesial. Berbasis dari Gloria A30, Prince melakukan modifikasi di banyak sektor, agar memiliki spesifikasi yang sesuai dengan imej Kekaisaran.

Modifikasi yang paling terlihat pada mobil yang pertama kali diperkenalkan di Tokyo Auto Salon tahun 1966 ini, jelas di ukurannya yang raksasa, 6,1m! Agar lebih luas, wheelbase-nya juga diperlebar, menjadi 3,8m. Di tahun yang sama pula, Prince Motor Co. akhirnya merger dengan Nissan, yang membuat mereknya berganti menjadi Nissan
.


Mau tahu bobot mobil ini? 3,8 ton! Tentu dibutuhkan mesin perkasa agar mampu membopongnya. Untuk itulah, Prince mendesain mesin khusus V8 OHV berkapasitas 6800cc. Tenaga maksimumnya tidak diketahui, namun jika dibandingkan dengan mesin Nissan President Y44E berkapasitas 4000cc yang mampu menyemburkan tenaga 180hp, mungkin mesin Prince Royal bisa menghasilkan tenaga sekitar 280hp.

Mesin yang dipasangkan dengan transmisi 3-percepatan dari Borg-Warner serta ban Bridgestone khusus ini, Pedal2theMetal rasa merupakan mesin buatan Jepang dengan kapasitas terbesar, dan pastinya siap mendorong mobil yang memiliki pintu penumpang model “Suicide” serta 3 baris kursi ini.

Nissan Prince Royal
Selain dipakai sebagai mobil resmi Kekaisaran Jepang, Prince Royal juga sering dipakai sebagai mobil tamu-tamu negara asing. SBY sendiri pernah merasakan kenyamanan mobil yang memiliki kursi baris paling belakang berlapis wool ini lho!


Setelah 40 tahun masa baktinya, akhirnya pada tahun 2006, Prince Royal akhirnya dipensiunkan, digantikan oleh rival terbesarnya, Toyota Century Royal. Nasib Prince Royal sendiri Pedal2theMetal sepertinya akan menjadi koleksi pribadi Kekaisaran, tidak seperti mobil resmi Presiden Soekarno yang katanya malah sudah berada di luar negeri, bukannya menjadi milik negara Indonesia…

13 thoughts on “Nissan Prince Royal, Tunggangan Kekaisaran Jepang!

  1. Dari 1965-2006..41 thn jadi Mobil kenegaraan, masa baktinya luar biasa tuh..di sini paling 5 thn selesai hheehee

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s