Honda City FA Cabriolet 1985, Kabriolet Tidak Haruslah Mahal!

Honda City Cabriolet
Yo! Bagaimana puasa perdana di tahun 1432 H anda? Semoga berjalan lancar & tanpa masalah ya! Sebagai tulisan perdana di bulan suci ini, kali ini Pedal2theMetal akan menulis sebuah mobil mungil lucu, yang Pedal2theMetal rasa sih…Cukup legendaris juga, dan berasal dari pabrikan yang jarang disebut jika berbicara soal JDM Legends, Honda!

Honda City Cabriolet
Mungkin, salah satu produk Honda yang masuk kategori legendaris, adalah Civic. Bayangkan, sejak tahun 1973, Civic telah cukup sukses mendulang keuntungan Honda, tanpa melupakan fungsinya sebagai sedan subkompak yang dinamis. Padahal, ada juga lho produk legendaris lain Honda, yaitu…City!

Honda City Cabriolet
Bagi orang Indonesia, nama City mungkin akrab sebagai sedan yang berada dibawah level Civic. Memang tidak salah, City 3A2 generasi ke-3 memang cukup sukses di pasaran. Namun tahukah anda, nama City sebenarnya sudah ada sejak tahun 1981, dengan bentuk hatchback 3-pintu, dan yang hebatnya…Tersedia dalam versi kabriolet!

Honda City Cabriolet
Kabriolet? Yap, Pedal2theMetal tidak bercanda! Honda City dengan kode FA yang dibuat pada tahun 1985 ini, selain memiliki atap yang bisa dibuka, juga memiliki desain yang lebih gemuk dari City AA. Tebak siapakah desainer mobil lucu ini? Pininfarina, rumah desain yang sama yang merancang Ferrari & mobil-mobil eksotik lainnya, hebat!

Honda City Cabriolet
Diperkenalkan pada Agustus 1984, Pininfarina & Honda merancang City FA dengan modifikasi-modifikasi kecil agar lebih pas dengan figur kabriolet, seperti memakai fender yang lebih lebar, serta bumper cabutan dari City Turbo II yang sering dipanggil “Bulldog”

Honda City Cabriolet
Meski memakai bumper dari City Turbo, City FA ini sebenarnya memakai mesin ER bertenaga 66hp. Kecil? Jangan lupa, bobot bersih mobil yang tersedia dalam transmisi Hypershift 4+3-percepatan ini hanya 810kg! Pastinya mobil ini sangat gesit untuk pemakaian dalam kota!

Honda City Cabriolet
Kabin City FA yang memakai transmisi Hondamatic 2-percepatan ini, sebenarnya kurang istimewa sebenarnya. Terlihat terlalu polos jika dibandingkan kabin Civic yang lebih terlihat spesial. Monky’s Japan Stock, dealer mobil JDM antik ini sendiri menambahkan head unit Sony sebagai perangkat hiburan tambahan

Honda City Cabriolet
Berbeda dengan varian kabriolet lain yang biasanya mengorbankan kursi penumpang, City FA tidak lupa masih menyematkan kursi belakang yang meski sangatlah biasa, namun terlihat lapang. Cuman jangan mengharapkan ruang bagasi yang luas, apalagi sewaktu atapnya tersimpan didalamnya!

Honda City Cabriolet
City FA yang juga tersedia dalam varian “R Manhattan Roof” dengan atap 10cm lebih tinggi ini, membuktikan bahwa sebuah kabriolet cantik, tidak haruslah eksotis & mahal. Karena kenikmatan udara segar & semilir angin sewaktu berkendara itu, ialah hak segala pengemudi! (Kok seperti ikrar UUD 1945?)

Sumber : Monky’s Stock Japan

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

4 thoughts on “Honda City FA Cabriolet 1985, Kabriolet Tidak Haruslah Mahal!

  1. Pingback: Honda Acty Crawler 6 x 6, Alam Bukanlah Halangan « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s