Datsun 200SX 1st Gen, Upaya Nissan Memperkenalkan Silvia Ke Dunia


Era 70an, merupakan salah satu era paling monumental bagi Nissan. Selain mulai mereguk kesuksesan berkat merek Datsun yang cukup terkenal, Nissan juga berhasil menelurkan 2 mobil legendarisnya ke dunia, 510 serta Fairlady Z. Meski begitu, Nissan masih belum puas juga memiliki 2 mobil dengan performa baik ini, dengan membuat senjata baru yang sayangnya…Tidak sesukses 2 nama diatas

Silvia S10
Bagi pembaca Pedal2theMetal yang pernah membaca salah satu postingan tentang keluarga Nissan Silvia ini, pasti akan segera tahu, seperti apakah Datsun 200SX ini. Yep, 200SX merupakan nama lain dari Silvia generasi ke-2, yang biasanya dipanggil dengan kode “S10”, serta merupakan Silvia pertama yang diproduksi massal untuk publik Amerika


Berbasis dari Nissan Sunny B210 (Di Indonesia mungkin akrab dipanggil Datsun SSS), Nissan membuat S10 sebagai versi “ekonomis” dari coupe-coupe besar Amerika seperti Ford Thunderbird atau Chevrolet Montecarlo, namun memiliki desain serta konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis, serta tentunya memiliki harga lebih murah

Awalnya, Nissan belum berencana menjual S10 ke pasar Amerika Utara, namun melihat kesuksesan merek Datsun, maka dilakukan modifikasi-modifikasi pada S10 agar lebih pas dengan selera pasar Amerika, dengan memasangkan bumper baru, serta mesin yang lebih besar


Bicara soal desain, Datsun 200SX Pedal2theMetal akui berbeda dengan sportcar Jepang era 70an lainnya seperti Celica atau Hakosuka, yang mengacu pada desain-desain “Muscle Car” khas Amerika, Nissan mendesain Datsun 200SX lebih mengacu pada mobil dari Eropa seperti Citroën SM


Mesin baru yang dipasangkan Nissan, adalah L20B, mesin OHC berkapasitas 2000cc dengan tenaga maksimal 90hp. Ditemani dengan transmisi manual 5-percepatan, performa 200SX sebenarnya Pedal2theMetal rasa lumayan, mampu dipacu 0-96km/h hanya dalam waktu 13 detik, meski tidak se-fenomenal saudaranya, 510 Coupe, Sunny serta Fairlady Z


Handling 200SX juga diatas kertas cukup berpotensi. Memakai suspensi MacPherson strut di depan serta live axle di belakang. Penggerak yang dipakai juga diambil dari Datsun 510 yang tangguh. Sayang, karena front-end yang berat, wheel base yang pendek & ban yang berukuran kecil (13″), handling 200SX lagi-lagi kurang sesuai dengan klaim Datsun sebagai “Coupe Sporty”


Banyak upaya yang dilakukan Nissan untuk mengatrol nama 200SX, seperti memakai jasa aktor & pembalap terkenal Datsun, Paul Newman, dalam beberapa iklan, dan tentu saja menurunkan 200SX dalam arena balap, meski tidak sesukses Fairlady Z & 510 yang akrab dengan podium berkat jasa BRE (Brock Racing Enterprise)


Kegagalan penjualan 200SX, bukan hanya dari performa yang tidak sesuai harapan, namun juga karena publik Amerika masih terpesona dengan desain & kekuatan dari Celica, serta tertutup dari karisma besar 510 & Fairlady Z. Untunglah penjualan 200SX generasi pertama yang dijual pada tahun 1977 – 1979 di Amerika tidak terlalu buruk, 150.000 unit, alias 2/3 dari total penjualan 200SX generasi pertama di dunia


Lalu, mengapa Pedal2theMetal Datsun 200SX menjadi salah satu “JDM Legends”? Tentu saja, berkat 200SX (yang namanya masih dipakai di Silvia generasi selanjutnya, S110), Amerika jadi mengenal lini produk sportcar lain Nissan, yang kelak akan menjadi salah satu penguasa dari coupe Jepang, Silvia & S-Chassis!

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

3 thoughts on “Datsun 200SX 1st Gen, Upaya Nissan Memperkenalkan Silvia Ke Dunia

  1. Pingback: Hasemi Motorsport Tomica DR30 Super Silhouette, The Red, BIG, BEAST! « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s