Mazda 808/818 Grand Familia Coupé, Sportcar Mazda Tanpa “Mazda”


Kita tahu, salah satu ciri-ciri paling khas dari sportcar Mazda (kecuali MX-5) adalah memakai mesin rotary. Padahal, Mazda juga pernah membuat sportcar lain, tanpa kode RX yang berarti memakai mesin rotary bernama Grand Familia. Bagaimana wujudnya? Klik saja selengkapnya!

808 Mazda
Mazda, pada tahun 1971 memperkenalkan varian terbaru & tertinggi dari Familia, bernama Grand Familia. Mobil yang juga dikenal dengan nama Mazda 808 & 818 ini, dibuat untuk yang menginginkan sedan sportif Mazda, namun menggunakan mesin piston. Ini terjadi karena publik luar Jepang pada saat itu sedang trend sedan bermesin besar


Mazda membuat Grand Familia dalam versi coupé, sedan, dan station wagon, untuk menyesuaikan dengan keinginan pasar export, terutama di Selandia Baru, Australia & Amerika. Varian paling mewah & kencangnya sendiri adalah versi coupé dengan lampu bundar ganda, bermesin rotary yang diberi nama…RX-3 Savanna


Meski begitu, banyak juga yang memilih versi coupé namun yang bermesin piston, karena lebih mudah dirawat serta performa-nya sendiri masih terhitung lumayan. Ini terjadi karena pada saat RX-3 diperkenalkan, performa-nya masih kalah dengan adiknya, RX-2 dalam berbagai test seperti 0-402m


Pada awal diperkenalkan di pasar Jepang, Grand Familia memakai mesin piston kapasitas besar pertama Mazda, TC 4 silinder segaris berkapasitas 1272cc dengan tenaga 85hp & torsi 108nm serta mesin 4 silinder segaris lain dengan kapasitas lebih besar, 1500cc dengan tenaga 90,7hp & torsi 129nm. Cukup bertenaga menurut Pedal2theMetal!


Meski begitu, pada November 1973, Mazda memasang mesin lebih kuat dengan kapasitas lebih besar, 1586cc dengan tenaga 98,6hp serta torsi 137nm dengan nama 808. Namun mesin TC sendiri masih dipertahankan di pasar USDM, dengan nama Mazda Mizer bertenaga 69hp & torsi 92nm

808 Mazda
Dihargai lebih mahal $200 dibanding saingannya sesama produk Jepang seperti Civic & Corolla, kelengkapan & fasilitas Grand Familia terhitung lebih baik. Tak hanya kabin yang lebih mewah, transmisi yang diberikan Mazda juga lebih baik seperti manual 4-percepatan “nyaman” & otomatis 3-percepatan


Grand Familia sendiri akhirnya digantikan oleh Mazda 323/GLC pada tahun 1977 tanpa disediakan versi coupé, yang berarti Mazda tidak membuat coupé sportif berukuran besar & mewah bermesin piston lagi, sebelum muncul MX-6 yang sayangnya memakai penggerak roda depan


Mungkin nanti Mazda akan membuat RX-7 baru dengan mesin piston seperti Grand Familia yang memakai mesin Rotary yang diberi nama RX-3? Pedal2theMetal tidak bisa memprediksinya, meski itu bukanlah hal yang mudah…

Sumber Foto : dave_7 Flickr Page

6 thoughts on “Mazda 808/818 Grand Familia Coupé, Sportcar Mazda Tanpa “Mazda”

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s