“blackbullet” Honda Civic 1979, Generasi Paling Menggemaskan!


Jika seorang penggemar mobil berkeinginan untuk melakukan restorasi mobil Jepang antik impian, Pedal2theMetal jamin nama-nama seperti Hakosuka, Celica & Fairlady akan segera muncul. Memang, keindahan & aura mobil-mobil tersebut sangatlah eksotis, namun mengapa tidak dengan mobil lain yang lebih “merakyat”, Civic generasi pertama misalnya?


Salah satu member dari forum mobil Jepang antik terbesar di Eropa, Old Japanese Car, dengan ID forum “blackbullet” memiliki sebuah Civic Hatchback produksi tahun 1979 dengan kondisi yang sangatlah baik. Tentu saja, untuk memiliki mobil yang terkenal mudah berkarat ini dengan kondisi sempurna tidak didapat dengan cara yang mudah


Hebatnya, proses restorasi yang memakan waktu 18 bulan ini, ia lakukan di garasinya! Mulai dari mendempul, pemasangan parts-parts seperti fender & aksesoris lainnya, semuanya ia lakukan sendiri kecuali proses pengecatan. Inilah yang dinamakan penggemar mobil antik sejati!


Hasilnya? Pedal2theMetal akui sangatlah keren! Bahkan mungkin lebih mirip keluaran baru dari showroom, berkat pemasangan-pemasangan aksesoris tambahan seperti foglamp, velg besi asli Civic dengan centercap berlogo “H” serta…


…Strip opsional hitam bertuliskan Civic. Variasi simpel & tidak termasuk langka karena bisa direproduksi lagi, tapi efektif menambah eksklusifitas Civic yang sudah diproduksi sebanyak hampir 1 juta unit ini


Namun berbeda dengan eksteriornya yang orisinil, untuk mesin serta transmisinya ternyata sudah diganti. Mesin EB berkapasitas 1200cc serta transmisi Hondamatic 4-percepatan bawaan Civic, diganti dengan mesin berbahan alumunium EN4 karburator ganda berkapasitas 1335cc serta transmisi 5-percepatan dari Civic generasi ke-2


Pedal2theMetal tertegun melihat interior Civic ini. Jujur saja, terlihat sangat antik & mewah, bahkan jika dibandingkan dengan Mini Cooper modern sekalipun! Warna trim coklat serta aksen kayu, sukses merubah imej Civic generasi pertama yang merupakan mobil ekonomis menjadi mobil mini yang keren!


Salah satu elemen terbaik di kabin Civic ini adalah setir palang tiga dengan lingkar kayu serta tuas transmisi yang berbahan sama. Melihatnya, pasti anda tergiur untuk mencoba mengendarainya kan? Pedal2theMetal juga berpikiran hal yang sama!


Suasana hangat & nyaman, namun tetap praktis serta fungsional…Ah, Soichiro Honda memang selalu berkeinginan agar mobil-mobil buatan Honda selalu mudah dipakai sehari-hari, dan Civic generasi pertama adalah salah satu contoh terbaiknya

Civic 79
Tidak betah hanya memodifikasi interior & mesin, giliran eksterior kembali disentuh. Agar terlihat makin unik & keren, mengganti velg tentu menjadi prioritas utama. Berbeda dengan pemilik mobil Jepang antik dari Amerika & Asia yang menyukai velg dari RS Watanabe atau SSR, di Eropa nama Minilite buatan Inggris menjadi idola. Toh sama-sama keren kok!


Agar suara mesin EN yang juga terpasang di Triumph Acclaim (Honda Civic generasi ke-2 yang diganti mereknya) makin merdu, knalpot baru dari Exhaust UK dipasang menggantikan knalpot standarnya. Ukurannya Pedal2theMetal rasa pas & makin mempercantik bagian belakangnya


Diakhiri dengan pemasangan bumper dari Civic generasi ke-2, maka makin mantaplah wajah Civic ini. Yep, “blackbullet” membuktikan bahwa untuk menjadi pusat perhatian, tidak perlu memiliki mobil Jepang langka seperti Hakosuka, karena Civic generasi pertama sekalipun, jika direstorasi & dimodifikasi dengan baik, hasilnya pasti tidak kalah mengagumkan juga, dijamin!

Sumber : Old Japanese Car Forum

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

15 thoughts on ““blackbullet” Honda Civic 1979, Generasi Paling Menggemaskan!

  1. kok keren banget yah:mrgreen:

    emg kita sering hanya menaruh perhatian pada restorasi legenda2 JDM, tanpa memedulikan mobil-mobil lain yg umum dan dianggap biasa. Padhal, JDM adalah JDM:mrgreen:

    jdi inget sama Corolla 7AFE yg dimodif JDM, emg keren.

  2. Pingback: Suzuki SS40T Mighty Boy, Bocah Kecil nan Perkasa! « Pedal 2 the Metal Autoblog

    • Weeeh…ati ati Kang, keyboard-nya alamat korslet nanti🙂

      Civic 1st gen tuh sebenarnya patut dikoleksi, sayang kenapa di Indonesia malah dianggap mobil “tua”, padahal enak dipakai, irit & legendaris pula😀

  3. Wah ini mirip mobil pertama yang gue supirin.
    Pertama nyetir waktu sd, pake civic 1st gen 4 pintu, Transmisi metik cuma gigi L dan 2😀
    tapi kalo di tol sama bokap sering dipacu di atas 120 km/jam padahal umurnya udah 25 taun. Sampe sering ngasepin soluna atau baleno
    Tapi akhirnya dijual karena ga kuat ngurusnya. Kalo ga salah pertama rusak gara gara si bokap iseng masang koil racing ga pake nyeting karbunya dulu. Alhasil piston rusak dan dari situ makin banyak masalah

      • betul, bodynya aja tebel tebel itu, yang lucu di setirnya ada 3 tombol klakson berhubung setirnya palang 3 (kok bukan di tengah ya klaksonnya?)

        dulu spion tanduknya kan rada rusak, jadi kalo ga pas, disetelnya pake payung dari dalem mobil hahaha

        yang jelas waktu dijual ga mahal mahal amat, soalnya udah ada ford laser champ sama toyota cressida (dua duanya mesinnya kentjang)
        gue nangis beneran waktu itu mobil dijual😀

        • Hehe, mungkin 3 knop itu untuk ergonomis? Nevertheless…Retro memang unik🙂

          Hmm…Ya, saya jadi ingat ketika Daihatsu Taft Bapak saya dijual…Sejarahnya terlalu kental untuk diingat keluarga, karena bisa semua anggota keluarga pertama kali merasakan mobil berpenggerak 4WD bersama mobil itu…Oh sama nyusruk ke pedalaman hutan…Too many memories left inside our hearts😦

  4. mungkin biar kayak motor kali mencetnya ga usah jauh jauh😀

    Taft kebo atau taft GT masbro? Emang kalo punya mobil 4×4 jadi pengen nyobain sesuatu yang di luar nalar masuk hutan dll
    Jadi inget cerita bokapnya pacar yang sering turing ke hutan pake vitara eh ketemu makhluk makhluk aneh hahah

    Emang begitu, money can’t buy memories that left behind😀

    di atas ngomongin corolla GTi, bulan lalu ada yang jual deket rumah, mungkin yang punya butuh duit, padahal tren retro kan lagi naik haha

    • Kebo….Mobil khas pemburu😆

      Hehe, yah…Berkendara di aspal memang mengasikan, tapi gak ada yang mengalahkan sensasi “pushing to limit” dalam adventure masuk hutan, apalagi sampai nemu yang kayak gituan….Pasti tidak terlupakan!😈

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s