Di blog Pedal2theMetal, nama Mitsubishi memang jarang mendapat perhatian. Padahal nama, kualitas serta performa yang dihasilkan oleh pabrikan berlogo 3 berlian ini termasuk terbaik di dunia lho! Untuk itulah, Pedal2theMetal dalam tema “JDM Legend” akan menulis sebuah mobil (konsep) legendaris yang membuat nama Mitsubishi sejajar dengan pabrikan dunia!
Bagi fans mobil Jepang antik sejati, pasti tahu nama Mitsubishi Colt Galant GTO (Gran Turismo Omologato). Yep, sportcar yang didesain oleh Hiroaki Kamisago ini, bersama Hakosuka, Celica TA & Mazda RX-3, merupakan versi Jepang dari “Muscle Car” khas Amerika
Nah, tahukah anda kalau di tahun yang sama ketika peluncuran GTO, Mitsubishi pernah memperkenalkan sebuah mobil konsep yang sangat hebat di zamannya bernama Galant GTO R73-X? Memangnya apa sih hebatnya mobil ini sampai Pedal2theMetal menulisnya?
Mitsubishi Galant GTO R73-X adalah sebuah mobil konsep yang hanya dibuat 1 unit, yang dibuat untuk memperlihatkan kemampuan Mitsubishi dalam membangun mobil sport yang berkualitas & sejajar dengan pabrikan dari Amerika & Eropa
Inovasi yang dilakukan Mitsubishi di GTO R73-X adalah di mesinnya, yang Pedal2theMetal rasa sangat-sangatlah menggebrak di zamannya!
Mengapa? Ini karena Mitsubishi dengan santai mengganti mesin 1600cc bawaan GTO dengan mesin R39B cabutan FORMULA 2! Tenaga yang dihasilkan mesin berkapasitas 2000cc dengan camshaft titanium ganda ini cukup hebat, 280hp serta torsi maksimum 235nm
Kecil? Nanti dulu. Gabungkan mesin high-revving dengan gearbox 5-percepatan dengan body ringan Galant GTO yang mirip dengan Mustang, maka menghasilkan sebuah resep klasik muscle car : Ringan namun “Bajingan”!
Kabin GTO R73-X sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan mobil-mobil sport era 70an. Kualitas & detailnya termasuk rapih (karena mobil konsep) meski tidak secantik Alfa Romeo & Ferrari. Namun lihat dulu teknologi yang dikandungnya :
Yep. Indikator akan sudah benarkah pintu tertutup & sabuk keselamatan, serta kinerja rem. Canggih!
Sayang, Mitsubishi tidak mengimplementasikan seluruh teknologi R37-X kedalam Galant GTO. Meski begitu, berkat R73-X, nama Mitsubishi melonjak dari hanya sekadar pabrikan mobil dari Jepang, menjadi pabrikan kelas dunia yang mampu menghasilkan sportcar unggul & kencang!
Wedew, super abis ini boil (di jamannya)
Hoho, sayang konsep
Kalo diturunin di Yatabe Run mah bisa ampe 280km/h nih Galant 😈
wuaaaah
Jd inget sama om jauh aye yg macu Galant V6 2.4 bokapnya sampe 240 kpj. GTO yg satu ini jelas lebih performanya…….
Cuman jangan tanya borosnya….Formula 2 enjin pasti hausss
iyalah, hehehe, namanya jg performance oriented
Pingback: Autech Zagato Stelvio, Mobil Jepang Modis Rancangan Butik Italia « Pedal 2 the Metal Autoblog
Pingback: Mitsubishi Pajero Evolution, Hardcore JDM SUV! « Pedal 2 the Metal Autoblog
280km/jam wuisss, sedikit goyang aja pasti terplanting tuch … mantap dach, keren nich mobil …!
Keren banget, cuman kelangkaanya mirip gigi ayam 😆
Wah jadi ngiler pingin bangun mobil galant sigma jadi kayak gini huehuehue