Mitsubishi Galant GTO R73-X 1972, Muscle Car JDM Paling…

Galant GTO R73-X
Di blog Pedal2theMetal, nama Mitsubishi memang jarang mendapat perhatian. Padahal nama, kualitas serta performa yang dihasilkan oleh pabrikan berlogo 3 berlian ini termasuk terbaik di dunia lho! Untuk itulah, Pedal2theMetal dalam tema “JDM Legend” akan menulis sebuah mobil (konsep) legendaris yang membuat nama Mitsubishi sejajar dengan pabrikan dunia!


Bagi fans mobil Jepang antik sejati, pasti tahu nama Mitsubishi Colt Galant GTO (Gran Turismo Omologato). Yep, sportcar yang didesain oleh Hiroaki Kamisago ini, bersama Hakosuka, Celica TA & Mazda RX-3, merupakan versi Jepang dari “Muscle Car” khas Amerika


Nah, tahukah anda kalau di tahun yang sama ketika peluncuran GTO, Mitsubishi pernah memperkenalkan sebuah mobil konsep yang sangat hebat di zamannya bernama Galant GTO R73-X? Memangnya apa sih hebatnya mobil ini sampai Pedal2theMetal menulisnya?

Galant GTO R73-X
Mitsubishi Galant GTO R73-X adalah sebuah mobil konsep yang hanya dibuat 1 unit, yang dibuat untuk memperlihatkan kemampuan Mitsubishi dalam membangun mobil sport yang berkualitas & sejajar dengan pabrikan dari Amerika & Eropa

Galant GTO R73-X
Inovasi yang dilakukan Mitsubishi di GTO R73-X adalah di mesinnya, yang Pedal2theMetal rasa sangat-sangatlah menggebrak di zamannya!

Galant GTO R73-X
Mengapa? Ini karena Mitsubishi dengan santai mengganti mesin 1600cc bawaan GTO dengan mesin R39B cabutan FORMULA 2! Tenaga yang dihasilkan mesin berkapasitas 2000cc dengan camshaft titanium ganda ini cukup hebat, 280hp serta torsi maksimum 235nm

Galant GTO R73-X
Kecil? Nanti dulu. Gabungkan mesin high-revving dengan gearbox 5-percepatan dengan body ringan Galant GTO yang mirip dengan Mustang, maka menghasilkan sebuah resep klasik muscle car : Ringan namun “Bajingan”!

Galant GTO R73-X
Kabin GTO R73-X sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan mobil-mobil sport era 70an. Kualitas & detailnya termasuk rapih (karena mobil konsep) meski tidak secantik Alfa Romeo & Ferrari. Namun lihat dulu teknologi yang dikandungnya :

Galant GTO R73-X
Yep. Indikator akan sudah benarkah pintu tertutup & sabuk keselamatan, serta kinerja rem. Canggih!

Galant GTO R73-X
Sayang, Mitsubishi tidak mengimplementasikan seluruh teknologi R37-X kedalam Galant GTO. Meski begitu, berkat R73-X, nama Mitsubishi melonjak dari hanya sekadar pabrikan mobil dari Jepang, menjadi pabrikan kelas dunia yang mampu menghasilkan sportcar unggul & kencang!

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

10 thoughts on “Mitsubishi Galant GTO R73-X 1972, Muscle Car JDM Paling…

  1. Pingback: Autech Zagato Stelvio, Mobil Jepang Modis Rancangan Butik Italia « Pedal 2 the Metal Autoblog

  2. Pingback: Mitsubishi Pajero Evolution, Hardcore JDM SUV! « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s