Toyota Corolla E7, Legenda Sedan JDM Dunia! Part.1

Corolla E7 Magazine Pedal2themetal
Bagi fans mobil retro, nama Corolla E7 pasti akrab di telinga. Corolla generasi ke-7 yang diproduksi dari tahun 1979 sampai 1987 ini Pedal2theMetal jujur saja…Banyak sekali versi body yang dirancang oleh Toyota & Fumio Agetsuma, sang desainer!

E7, Memang apa artinya? Kita tahu sendiri, kalau Sprinter Trueno & Levin sering dipanggil AE86, nah kode itu sendiri memiliki arti secara teknis untuk membedakan tipe, sasis, mesin & seri Toyota :

A : Mesin yang digunakan. Misalnya AE86, diberi kode A karena tersedia dalam mesin 3AC, 4AC & 4AG
E : Kode ini berarti seri dari mobil. E sebagai contoh adalah Corolla
8 : Kode angka ini, artinya generasi sasis dari mobil. AE86 berarti ya generasi ke-8 dari Corolla
6 : Yang terakhir ini adalah kode jensi body-nya. Ada banyak variasi, 5, 6, 7 dan lain-lain

Kalau begini, kita akhirnya tahu kan arti E7? Yep! Generasi ke-7 dari Corolla, mudah kan?

Corolla E7, muncul dalam berbagai tipe mesin berdasarkan region pasar. Ada JDM, EDM, USDM, AUSDM dan lain-lain. Ini dia beberapa jenis mesin yang disediakan Toyota :

Mesin tipe K
5K Engine
Mesin ini ada beberapa jenis, 4K & 5K sebagai contoh, serta tersedia di pasar Jepang & Australia. Di Indonesia, mesin yang tersedia hanya 1 jenis, yaitu 4K berkapasitas 1300cc. Mesin yang berukuran relatif kecil, cukup ekonomis baik perawatan & konsumsi BBM-nya serta lumayan bertenaga

Mesin tipe T
2TG
Mesin paling top dari Corolla E7 karena dipakai di seri tertinggi dari Corolla E7. Ada 2 jenis yang dipakai Corolla E7, yang pertama adalah 3TC untuk pasar USDM, serta yang paling mantap untuk pasar USDM, 2T-G, 2T-GEU & 3T-GEU. 2 mesin terakhir memakai sistem injeksi lho!

Mesin tipe A
Toyota 3A Engine
E7 dipasangi 2 jenis mesin ini. 4A-C untuk pasar USDM & AUSDM, sedangkan 3A-U untuk pasar JDM. Mesin ini sendiri, secara garis besar sih Pedal2theMetal rasa adalah versi SOHC dari mesin legendaris, 4AGE

Corolla E70
Hari ini, banyak orang sering menyebut, misalnya versi 2/4 pintu model Sedan & Wagon dengan sebutan KE70. Untuk versi Coupe, jika berbentuk sedan akan dipanggil AE71 & versi liftback adalah TE71. Sayangnya, Pedal2theMetal lihat sistem penamaan Corolla E7 sebenarnya lebih rumit lagi…

Ingat, Corolla E70 juga memiliki 4x perubahan desain!

Produksi tahun 1980 : Menggunakan 4 buah lampu depan berbentuk bulat, bumper besi dengan karet di kedua ujungnya
Produksi tahun 1981 : headlamp-nya telah diganti dengan model kotak
Produksi tahun 1982 : dilengkapi dengan lampu sein depan yang melebar ke samping, lampu belakang desain baru
Produksi tahun 1983 : interior dipasang takometer, bumper berbahan Polyurethane berukuran panjang

Inilah list tipe-tipe dari Corolla E7 yang Pedal2theMetal cari di berbagai sumber :

E70 Corolla
Sedan : 2 pintu, 4 pintu
Estate / Station Wagon : 2 pintu, 4 pintu, versi 2 pintu dengan panel kaca, 4 pintu atap tinggi
Coupe : 2 pintu GT, 2 pintu Sprinter, 3 pintu, 3 pintu Sprinter
Liftback : 3 pintu, 3 pintu GT
Kabriolet : 2 pintu

Total : 13 model dalam 1 generasi Corolla! Toyota memang “gila” & royal dalam memproduksi Corolla generasi ini. Belum lagi varian-varian “aneh” di EDM & JDM, wah…Ini karena Toyota memang mendesain Corolla sebagai mobil DUNIA, yang memiliki spesifikasi sesuai dengan negara yang menjadi pasarnya

Sedan 4-Pintu
KE70
Varian paling sering terlihat? Jelas versi sedan 4-pintu. Hampir seluruh dunia pasti sering menjumpai sedan ini. KE70, Cordex, banyak lah sebutan-sebutan sedan antik nan keren ini

Sedan 2-Pintu

E70 sedan 2 pintu, jarang terlihat memang. Namun bagi maniak Corolla & E7, versi ini sangat dicari. Merupakan versi terpendek dari E7, meskipun wheelbases-nya sebenarnya tidak berbeda dengan yang lainnya

Station Wagon (2 & 4 Pintu)
Corolla E7 Estate
Station Wagon, Estate. Banyak sebutan untuk Corolla E70 yang cukup langka ini. Desainnya yang unik & abadi, interior lebih luas, jarang ditemui di jalan raya. Mantap & juara

Setelah versi-versi yang “normal”, saatnya kita berkenalan dengan versi yang lebih spesial lagi!

Notchback 2-Pintu
Corolla TE71 Notchback
Coupe keren ini sebenarnya adalah versi sedan 2-pintu yang dirubah pilar B-nya agar lebih rendah & panjang, membuat kesan sporty lebih kentara

Liftback 3-Pintu
Corolla E7 Liftback
Liftback adalah satu varian paling langka & dicari-cari dari seluruh E70. Alasannya? Selain kurang laku pada masa penjualannya, yang membuat populasinya cukup minim, rata-rata memakai mesin seri T, meski ada yang memakai mesin 4A-C juga

Sportback 3-Pintu
Corolla E7 Sportback
Sebenarnya mirip dengan Liftback, namun Sportback memiliki “buntut” yang lebih pas dengan bagasinya. Pedal2theMetal rasa Sportback adalah nenek moyang dari AE85 & AE86. Anda setuju?

Masih ada varian-varian unik dari Corolla E70. Nanti akan kita ulas di Part.2! Stay tuned@Pedal2theMetal ya!

Sumber :

DoriKaze
SpeedHero

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

24 thoughts on “Toyota Corolla E7, Legenda Sedan JDM Dunia! Part.1

  1. Pingback: Toyota Corolla E7, Legenda Sedan JDM Dunia! Part.1 « Pedal 2 the … - Website Kumpulan Dongeng, Cerpen, Cerita, Legenda, Asal-Usul, Sejarah, Komik, Sinopsis, Kisah dll

  2. Pingback: Toyota Corolla E7, Legenda Sedan JDM Dunia! Part.2 « Pedal 2 the Metal Autoblog

  3. hmm, klo gak salah, AE71 dan KE70 itu beda mesin, klo gak salah. A itu pake 4A, klo K pake 4K, sori klo salah ye:mrgreen:

    soalnya liat kode Kijangku yang masih bersaudara, pake 7K, kodenya KF80 klo gak salah

    • Lah kan diatas dah ditulis bos :

      A : Mesin yang digunakan. Misalnya AE86, diberi kode A karena tersedia dalam mesin 3AC, 4AC & 4AG
      E : Kode ini berarti seri dari mobil. E sebagai contoh adalah Corolla
      8 : Kode angka ini, artinya generasi sasis dari mobil. AE86 berarti ya generasi ke-8 dari Corolla
      6 : Yang terakhir ini adalah kode jensi body-nya. Ada banyak variasi, 5, 6, 7 dan lain-lain

      Gimana sih🙂

  4. Pingback: Motorfix Corolla KE70 1UZ V8, Dalam “Test Asap” « Pedal 2 the Metal Autoblog

  5. Pingback: Q & A Tentang AE Hachiroku oleh Pedal2theMetal « Pedal 2 the Metal Autoblog

  6. Pingback: Toyota & Yamaha, Duet Maut Penghasil Mesin Sempurna « Pedal 2 the Metal Autoblog

  7. itu yang liftback sport ada yang punya kalo ga salah di indonesia, waktu itu masuk trans 7 si acara highlight otomotif cmiiw, yang punya kolektor corolla kayaknya yang versi notcback juga ada hehe

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s