Mesin Nissan RB, Jantung Mekanis JDM Paling Ikonik Part.2


Yo! Kemarin kan kita mengenal sedikit soal mesin RB dari Nissan. Kali ini Pedal2theMetal akan menulis soal mesin RB yang spesial & dibuat khusus untuk keperluan tertentu. Huah! Mesin RB “biasa” saja sudah dahsyat, apalagi yang versi khusus-nya! Bagaimana kinerja & kemampuannya? Ayo kita mulai!

RB26DETT N1

RB26DETT N1, merupakan mesin RB226DETT yang dimodifikasi oleh Nismo khusus untuk kejuaraan turing Grup A & N. Mengapa Nismo memodifikasi mesin Skyline GT-R yang sudah bagus itu? Alasannya karena mesin RB26DETT standar kurang efisien dipakai di arena balap, terutama masalah maintenance-nya. Akhirnya Nismo mendesain blok mesin N1 serta parts-parts baru seperti piston, camshaft serta turbocharger Garrett T25 yang dimodifikasi dengan turbin berbahan baja (turbo RB26DETT standar memakai turbin keramik)

Uniknya, mesin N1 ini sendiri yang tersedia dari generasi R32, R33 sampai R34 ini, memiliki turbocharger yang berbeda setuap generasi GT-R lho! Jika R32 & R33 N1 menggunakan bearing turbo dari Journal, maka R34 N1 memakai turbo Garrett GT25 yang sudah memakai ball bearing

Konon, mesin spesial ini berkat modifikasi-modifikasinya, mampu menahan ledakan tenaga yang cukup fantastis untuk ukuran mesin 6 silinder : 1877hp! Karena kemampuan inilah, banyak rumah modifikasi & pemilik GT-R memakai blok mesin RB26DETT N1 untuk dipasang di mesin Skyline GT-R

RB26DETT Z1 & Z2

Inilah mesin RB yang Pedal2theMetal rasa paling dahsyat & sulit ditandingi. Mengapa? Ini karena mesin RB26DETT Z1 hanya diproduksi 1 unit! Kira-kira, mobil apa yang mendapat mesin yang bertenaga 500hp serta torsi sebesar 540nm ini? Yap, Nismo Z-Tune, versi terbaik dari Skyline GT-R yang dianggap sebagai “Holy Grail of JDM Cars”


Pedal2theMetal hanya akan menulis secara simpel soal Z1 : Bayangkan mesin spesial RB26 N1, dinaikan kapasitasnya menjadi 2800cc, turbocharger IHI yang dimodifikasi, dan 100% menggunakan parts spesial dari Nismo seperti radiator, oil-cooler, serta dirakit oleh tangan

Hasilnya? Nismo Z-Tune berhasil menghajar Skyline GT-R racikan tuner-tuner hebat seperti Mine’s di Nismo Festival! Nismo sendiri akhirnya membuat Z-Tune versi jalan raya dengan kode Z2 yang hanya dibuat 21 unit (19 untuk publik & 2 unit prototip untuk musium Nissan) dengan tenaga yang masih “beracun”, 493hp

RB30DE

RB30DE, lagi-lagi adalah mesin modifikasi seperti RB26DETT N1. Namun jika N1 dimodifikasi oleh Nismo, maka RB30DE dimodifikasi oleh tuner legendaris Nissan, Tommy Kaira. Mesin yang merupakan RB30E yang dipasang head modifikasi dari RB20DE (menjelaskan nama RB30+DE) ini sendiri bertenaga 237hp@7000rpm serta torsi 294nm@4800rpm


Mobil apa yang dipasang mesin ini? Tentu saja Tommy Kaira M30 yang berbasis dari Skyline R31, dan diproduksi secara terbatas dan kebanyakan dipasarkan di Jepang saja, yang membuat nama mesin ini hanya dikenal oleh kalangan terbatas serta yang pernah memainkan game Gran Turismo saja

RB-X GT2

RB-X GT2, merupakan mesin yang sama dengan RB30DE. Apa persamaanya? Mesin ini dibuat & didesain bukan oleh Nissan & Nismo, melainkan oleh pihak lain, untuk RB-X GT2 sendiri didesain & dibangun oleh REINIK, spesialis mesin Nissan yang sekarang dikenal dengan nama REIMAX

Mesin ini memiliki kapasitas mirip RB26 Z1, hampir 2800cc, dan mampu memuntahkan tenaga sebesar 443hp@6800rpm dengan torsi 469nm. Modifikasi REINIK lainnya dilakukan di sektor head, piston, crank-shaft serta memakai turbin yang sama dengan mesin RB26 N1

Nismo 400R
Kedahysatan mesin ini yang dipasang di Nismo 400R ini, pernah dibuktikan di arena balap profesional seperti LeMans 24hour (dipakai oleh Nismo R33 GT-R LM), Pikes Peak serta kompetisi lainnya. Mesin ini juga menjadi basis untuk mesin RB26 GT500 & RB26 Z1 juga lho, meski kali ini dibuat oleh Nismo Omory Factory

RB28DET

Selain RB-X GT2, REIMAX juga membangun mesin lainnya untuk Nissan, namun kali ini dipasang bukan untuk R33 Skyline GT-R, melainkan di R33 GT25t (non 4WD) untuk dealer Nissan premium, Prince Nissan. Dibuat hanya 20 unit, mesin ini satu level dengan RB26DETT untuk urusan tenaga, dengan tenaga maksimum hampir 280hp. Sayang, mesin single-turbo ini hanya dibuat…20 unit

Sebenarnya masih ada mesin RB spesial lainnya, seperti OS Giken RB30DETT, Tomei GENESIS RB26DETT, HKS RB28DETT dan mesin RB racikan tuner-tuner lainnya. Namun Pedal2theMetal rasa, meskipun memiliki kapabilitas yang hebat, mesin tersebut bukanlah mesin resmi dari Nissan & Nismo. Mungkin nanti Pedal2theMetal akan tulis secara komperhensif soal mesin-mesin tersebut

Skyline Fest
Oke, sekian ulasan Pedal2theMetal soal mesin RB yang khusus & spesial yang sering dijumpai di keluarga Nissan, terutama Skyline. Mungkin nasib RB (serta mesin inline JDM lainnya) akan berakhir, karena Nissan telah memasang mesin dengan konfigurasi V di GT-R terbaru, namun tetap saja, kebrutalan mesin inline-6 silinder RB tetaplah menjadi legenda yang tak pernah mati!

8 thoughts on “Mesin Nissan RB, Jantung Mekanis JDM Paling Ikonik Part.2

  1. “mampu menahan ledakan tenaga yang cukup fantastis untuk ukuran mesin 6 silinder : 1877hp!”

    WTF!?? luar biasa, bener kan ini angka? 1877 hp?!

    W16 Bugatti aja “cuma” 1000 hp, ubahan yg gak kenal kasihan bener, dahsyatt!

  2. Pingback: Nismo Omori Factory BNR34 Clubman Race Spec, Not A Serenade | Pedal 2 the Metal Autoblog

  3. ane kenal istilah rb 26 aja dari sini,

    termasuk derivatifnya z tune dan lain sbagainya
    trus ngetik deh di searchengine, ktemu blog ini,
    jadi keasikan baca.
    ni san : 23
    ni :2
    san : 3
    lucky number nya nissan ya 23

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s