Memilih Setir Vintage Aftermarket, Spesial Untuk JDM!

Nardi Classic
Ha, biasanya Pedal2theMetal menulis soal modifikasi & sejarah akan mobil. Kali ini, mungkin kita beralih ke parts-parts modifikasinya. Bagaimana jika kita berbicara soal memilih setir? Berhubung bulan ini Pedal2theMetal memiliki tema akan “JDM Legends”, tentu setir-setir yang akan diulas pastilah memiliki bentuk & aura yang sangat vintage, jadi setir kompetisi dengan bentuk vintage tidak akan Pedal2theMetal tulis.

Oke, ayo kita mulai!

*list ini disusun secara acak

Nardi Classic
Nardi Classic Leather
Meskipun dibuat di Jepang, untuk memilih setir kebanyakan modifikator & pemilik mobil JDM vintage memilih produsen setir legendaris dari Italia ini. Bentuknya yang eksotis, abadi & nyaman digenggam serta tersedia dalam berbagai lapisan (kulit atau kayu) tentu menjadi alasan banyak orang memfavoritkan setir palang 3 ini.

Nardi Tokyo
Kombinasi terbaik akan setir Nardi Classic, tentulah knop klakson dengan logo Nardi Tokyo yang langka ini, hasilnya pasti mantap & sangat JDM!

Nardi Giugiaro
Nardi Giugiaro
Jika Classic masih kurang eksotis untuk mobil anda, mengapa tidak memilih produk Nardi yang spesial? Giugiaro, desainer otomotif papan atas dari Italia & FET Japan, distributor Nardi di Jepang, bekerja sama mendesain setir cantik ini. Harganya? Sekitar $750 minus pengiriman dari Jepang.

Personal 4-Spokes
Personal 4-Spokes
Personal, produsen setir legendaris yang dipakai oleh para pembalap legenda, memiliki setir 4 bilah dengan lapisan kulit ini. Karena sudah tidak diproduksi lagi, tentu saja setir ini menjadi rebutan, baik di eBay maupun Yahoo Auction.

Personal 3-Spokes
Personal 3Spokes
Sama dengan versi 4-bilah, versi 3-bilah juga tetap dicari-cari oleh kolektor. Uniknya, jumlah lubangnya juga ikut berkurang mengikuti diameter setirnya, lihat saja ini contohnya…Pas untuk Kei Car model lama!

Momo Prototipo
Momo Prototipo
Lagi-lagi kembali ke Italia. Momo Corse, produsen parts-parts modifikasi kondang ini juga membuat beberapa setir dengan desain vintage. Salah satu yang digemari oleh para maniak Vintage JDM adalah Prototipo, karena desainnya yang mirip setir balap era 60an.

Momo Retro
Momo Retro
Namanya saja sudah Retro, desainnya pasti antik! Pedal2theMetal lihat, desain Retro & Nardi Classic sangat mirip, sama-sama palang-3 yang memiliki lubang garis. Retro sendiri, juga diminati oleh para pengguna Porsche lho!

OMP Monza & Mugello
OMP Volanti
OMP, spesialis perlengkapan balap dari (lagi-lagi) Italia, juga mengeluarkan beberapa model setir dengan tagline “Vintage Volanti”. Desainnya? Sangat vintage! Apalagi memiliki pegangan yang berbahan kayu, sangat mirip dengan setir-setir mobil balap kuno yang menjadi inspirasi setir-setir ini.

RS Watanabe Falcon
RS Watanabe Falcon
RS Watanabe membuat setir? Yep! Falcon adalah produk setir buatan produsen velg terkenal Jepang ini. Dibuat secara terbatas dan hanya dijual di Jepang, tentunya nilai eksklusivitas setir ini sangatlah tinggi.

Formuling France
Formuling France
Formuling, adalah produsen setir kompetisi dari Prancis. Banyak yang mengatakan, setir buatan mereka adalah yang paling nyaman digenggam, meskipun di setir diameter kecil sekalipun. Sayang, setir yang digemari para pemilik Volkswagen tipe pendingin udara ini sudah tidak dibuat lagi.

Mooneyes Classic
Mooneyes Classic
Karena restorasi mobil JDM antik itu hampir mirip dengan praktek hot-rodding, banyak parts-parts khas hot-rod yang dipakai dalam mobil JDM klasik. Misalnya setir keren dari Mooneyes ini. Kebetulan, Mooneyes juga punya cabang di Jepang, jadi jangan takut jika Mooneyes bukanlah produk yang sangat “JDM“.

Flat-4 Banjo
Mooneyes Classic
Gaya khas akan muscle car seperti krom & detail-detail billet, memang cocok diaplikasikan ke mobil-mobil JDM legendaris seperti Hakosuka atau Celica. Pasangkan setir (sangat) terkenal ini, Pedal2theMetal rasa interior mobil anda akan makin cadas! Oh iya, setir banjo sendiri, awalnya didesain untuk meringankan & mengurangi getaran dari setir & roda, tentunya cocok untuk mobil tanpa power steering.

Lecarra Mark IX
Mooneyes Classic
Selain 3 merek diatas, ada juga produsen setir dari Amerika yang diminati oleh pemilik mobil JDM antik, yaitu Leccara. Mark IX adalah tipe setir yang Pedal2theMetal sering lihat bersarang di kabin-kabin mobil legendaris Jepang, dan jujur saja…Terlihat pas dengan desain dashboard mobil yang cenderung kotak & menyiku.

Nardi Torino
Sebenarnya masih banyak setir-setir vintage lainnya yang Pedal2theMetal sering jumpai di interior mobil JDM antik. Namun, beberapa model setir ini cukuplah untuk menggambarkan bagaimana desain & bentuk setir yang cocok serta serasi dipasangkan di mobil-mobil JDM antik.

Nardi Torino
Sekarang Pedal2theMetal bertanya pada anda, setir vintage mana yang anda sukai? Kalau anda bertanya pada Pedal2theMetal, maka Pedal2theMetal akan menjawab Nardi Classic, karena Pedal2theMetal sendiri punya 1 unit Nardi Deep Cone, dan sangat nyaman & keren dipasang di mobil manapun!

6 thoughts on “Memilih Setir Vintage Aftermarket, Spesial Untuk JDM!

  1. setir BBS Design Line juga keren mas…..rare item juga kan…..oiya kalo nardi torino selain yang tipe classico, ada juga yang deep corn mas…bedany kalo deep corn masih buatan italy, bisa order diameternya, warnanya, bahannya, sampe bisa pilih offset palang setirnya juga…..but both nardi deep corn & momo prototipo, dua2nya sama2 nyaman kok…saya pake buat balap soalnya (dua2nya)😀

    • Hahahaha….Aye inget BBS Design Line itu pas masih era jadul, liat di VW Rabbit orang, sambil mikir kalo nih setir kayak cabutan mobil Power Ranger, soalnya warnanya aneh & colorful… BTW, nih setir tuh cetakan Italvolanti ya? (entah jepang ato italia) warnanya aneh-aneh, tapi ada juga sih yang keren kayak ini

      Nardi Torino Deep Corn? Emang nyaman sih, soalnya aye juga ada di bawah kasur…Cuman blom dipasang, masih cari boss kit-nya,…

      Cuman kalo menurut aye sih, setir model deep dish gitu kurang pantes nemenin desain kubikal & rata kayak mobil JDM jadul, lebih pas yang rata kayak classic line🙂

      Makasih dah sudi datang ya mas Narhendra, moga sukses balapan (dan ngerawat Bluebird-nya )🙂

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s