Toyota 2000GT, Sportcar Sejati JDM Pertama!

Toyota 2000GT
Kurang pas rasanya, menulis blog dengan tema “JDM Legends” tanpa menyebut nama Toyota 2000GT. Banyak yang menyebut bahwa mobil dengan kelas Grand Touring ini adalah sportcar Jepang pertama. Hey, bagaimana dengan 800 Sports? Ah, meskipun terlihat sporty, dengan mesin hanya 800cc, apakah performanya cukup sporty? Tentu tidak!


Desain 2000GT, sama seperti sportcar era 60an dari Jepang seperti Datsun 240Z Fairlady. Meniru Jaguar E-Type! Aslinya, 2000GT merupakan rancangan desainer kondang Albrecht Goertz untuk Nissan, namun karena Nissan merasa kurang sreg, desain 2000GT kemudian disempurnakan oleh Satoru Nozaki, untuk kemudian menjadi prototip 2000GT dengan kode 280A (prototip 2000GT)

Toyota 2000GT
Tak hanya meniru, 2000GT dibuat Toyota spesial untuk membantai E-Type! Dengan bobot lebih ringan, ukuran lebih kompak & memiliki handling lebih baik, 2000GT sebenarnya memiliki kans hebat untuk menjadi mobil yang sukses. Oh iya, mengapa 2000GT menggunakan lampu utama model pop-up? Setelah Pedal2theMetal cari info, ternyata ini karena undang-undang lalu lintas Amerika yang mewajibkan lampu utama harus 2 kaki lebih tinggi diatas aspal

Toyota 2000GT Cutaway
Toyota, merancang 2000GT dengan sungguh-sungguh. Teknologi-nya cukup maju serta inovatif untuk ukuran mobil Jepang di era-nya, seperti pemasangan suspensi model independen di 4-rodanya, arm kontrol yang panjang & kemudi rack & pinion demi pengendalian yang lebih responsif


Kurang cukup? 2000GT merupakan mobil Jepang pertama yang menggunakan cakram di ke-empat rodanya, serta….LSD (Limited Slip Differential)! Pantas saja banyak media & tester yang berkata handling 2000GT lebih baik dibanding E-Type!

Toyota 2000GT
Beralih ke mesin. Toyota memasang mesin inline (yang menjelaskan mengapa hidungnya panjang!) 6 silinder dari Toyota Crown. Mesin DOHC dengan karburator Mikuni-Solex yang berkapasitas 2000cc ini, merupakan kerja sama Toyota & Yamaha. Dengan tenaga sebesar 150hp & topspeed lebih dari 200km/h, 2000GT adalah salah satu mobil terkencang dari Jepang di zamannya

Toyota 2000GT
Berhubung 2000GT merupakan mobil Grand Tourer, tentu saja kabin yang nyaman & lapang merupakan hal yang mutlak. Lupakan kursi penumpang, karena 2000GT yang juga pernah dibuat versi kabriolet khusus untuk keperluan film James Bond “You Only Live Twice” ini memang lebih pas dinikmati berdua, membelah angin dan jalanan secara santai

Toyota 2000GT
Lihat saja kabinnya! Pada zamannya, banyak orang (terutama publik Eropa & Amerika) beranggapan bahwa mobil Jepang memiliki kualitas pengerjaan yang kurang rapih. Namun, karena Toyota berkeinginan 2000GT mampu sejajar dengan sportcar dari 2 benua itu, Toyota memilih cara pengerjaan tangan yang terampil & teliti

Toyota 2000GT
Bahkan banyak yang berujar, bahwa jika emblem Toyota dilepas, mungkin orang akan mengira kabin ini milik Jaguar E-Type atau sportcar Eropa yang terkenal memiliki kabin yang sangat cantik & artistik. Bingo Sports, spesialis mobil kelas atas dari Tokyo, Jepang, berhasil membangun ulang kabin mobil saingan Mazda Cosmo Sport ini dengan cermat & seperti baru keluar dari showroom!

Toyota 2000GT
Tak hanya di jalan raya saja, Toyota juga membawa 2000GT ke arena balap. Dari Japan Grand Prix sampai Fuji 24-Hours, Toyota berhasil memenangkan semua lomba itu. Legenda balap Caroll Shelby sendiri memakai 2000GT dalam arena SCCA lho! Namun yang paling fenomenal adalah rekor-rekor yang dicatat 2000GT dalam lomba ketahanan 72 jam FIA yang membuat Porsche membuat 911R untuk mengalahkan Toyota!


Dengan jumlah produksi yang sangat terbatas (hanya 351 unit), hari ini 2000GT sudah masuk dalam kelas sportcar eksotis, 1 level dengan Alfa Romeo & Ferrari. Sebuah prestasi yang sangat hebat untuk ukuran mobil Jepang, dan tentu saja…Merupakan bukti bahwa Jepang memang mampu membuat segalanya!

Sumber Gambar : Bingo Sports Japan

22 thoughts on “Toyota 2000GT, Sportcar Sejati JDM Pertama!

  1. super eksotis, keren abiss

    “2000GT merupakan mobil Jepang pertama yang menggunakan cakram di ke-empat rodanya, serta….LSD (Limited Slip Differential)! Pantas saja banyak media & tester yang berkata handling 2000GT lebih baik dibanding E-Type!”

    taun segitu udah pake LSD:mrgreen: super canggih. Belum full cakram pula…

    “Toyota, merancang 2000GT dengan sungguh-sungguh. Teknologi-nya cukup maju serta inovatif untuk ukuran mobil Jepang di era-nya, seperti pemasangan suspensi model independen di 4-rodanya, arm kontrol yang panjang & kemudi rack & pinion demi pengendalian yang lebih responsif.”

    kemudi rack and pinion ini yg canggih bener di jamannya, keren

    BTW:aye pernah denger ada Toyota Celica 2000 yg mesinnya sama kayak 2000GT, bener ga sih?

  2. Pingback: (Alm) Hiromu Naruse, The Meister of Toyota « Pedal 2 the Metal Autoblog

  3. Pingback: Berita Terbaru : FT-86 / FR-S Akan Sama Dengan Konsep! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. Pingback: Yamaha OX99-11, Supercar Paling Optimis & Potensial Dari Jepang « Pedal 2 the Metal Autoblog

  5. Pingback: Autech Zagato Stelvio, Mobil Jepang Modis Rancangan Butik Italia « Pedal 2 the Metal Autoblog

  6. Pingback: DOME Zero, Supercar Jepang Bernasib Seperti UFO! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  7. Pingback: Toyota Supra Mark IV, Mobil Terfavorit Pedal 2 The Metal! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  8. Pingback: Mazda Cosmo Sport, Legendaris Namun Bernasib Tragis « Pedal 2 the Metal Autoblog

  9. Pingback: Toyota & Yamaha, Duet Maut Penghasil Mesin Sempurna « Pedal 2 the Metal Autoblog

  10. Pingback: Auto Legend 2012, An Open Mind Motoring Event Part.1 : Old School JDM | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s