Mazda Cosmo Sport, Legendaris Namun Bernasib Tragis


Akibat desakan dari seorang pembaca setia Pedal2theMetal, kali ini Pedal2theMetal akan mengulas sebuah sportcar buatan Mazda yang inovatif di zamannya, namun sayangnya tidak seharum Mazda RX-3 Savanna yang terkenal di dunia balap. Bagaimana kisah tentang sportcar cantik ini? Pedal2theMetal akan sedikit mengulasnya!


Sampai hari ini, Mazda telah membuat 4 generasi dari Mazda Cosmo, namun yang paling fenomenal & dicari-cari adalah versi pertamanya. Meskipun diproduksi lumayan lama (5 tahun), Mazda hanya memproduksinya secara terbatas, 1519 unit. Terdiri dari 343 unit untuk seri 1, serta 1.176 unit untuk seri ke-2, membuatnya sama langkanya dengan rekan senegaranya, Toyota 2000GT.


Mazda sendiri, meriset 3 model mesin rotary, baik yang menggunakan rotor tunggal, ganda, tiga sampai empat rotor. Awalnya, Mazda akan menggunakan mesin dengan rotor tunggal seperti mobil bermesin rotary pertama, NSU Spider yang berasal dari negara asal Wankel, Jerman.

Sayangnya, meski bergetar secara lembut di kecepatan tinggi, namun di putaran rendah, mesin bergetar secara “binal“, itupun masih minim torsi khas mesin rotary! Ini terjadi karena mesin dengan rotor tunggal, hanya memilki 1 kali pembakaran, sehingga torsi banyak terbuang sia-sia.


Karena itulah, Mazda kemudian membangun mesin dengan konfigurasi rotor ganda, yang memiliki performa & torsi yang sama dengan mesin 6 silinder konvensional. Diawali dengan mesin prototip L8A berkapasitas 399cc/rotor, Mazda merasa kapasitas rotornya kurang besar. Munculah mesin baru dengan kode 3820 dengan kapasitas mesin lebih besar, 491cc/rotor. Dan akhirnya, dari mesin itulah prototip mesin finalnya dengan kode L10A muncul.

Mazda Cosmo
Dipasang di Mazda Cosmo Sport 60, Mazda melakukan test ketahanan sampai 600.000km untuk mencoba daya tahan mesin rotary baru ini. Setelah puas akan kinerjanya, Mazda akhirnya meluncurkan L10A sebagai Mazda Cosmo Sport di tahun 1968!


Jika dibandingkan dengan standar perfoma mobil sport masa kini, mungkin performa Cosmo tidak sebanding, namun pada era-nya, Cosmo bisa dibilang salah satu sportcar paling gesit yang dibuat dari Jepang pada era 60an, dimana muscle car dari Amerika serta sportcar Eropa seperti Alfa Romeo & Ferrari masih dijadikan patokan akan mobil yang kencang.


Mungkin jika kita melihat tenaga mesin rotor L10A yang hanya mampu memuntahkan tenaga sebesar 110hp@7000rpm serta topspeed 185km/h, Pedal2theMetal rasa Honda Jazz anda mampu mempermalukannya. Namun berkat bobotnya yang ringan, Cosmo mampu menyikat tikungan dengan mudah!


Yang hafal dengan gaya Mazda dalam membangun mobil pasti tahu bagaimana Mazda memperhatikan sisi handling. Ya, sama seperti adik-adiknya seperti Mazda RX-7 & RX-8, Mazda selalu berinovasi dalam sektor sasis & suspensi. Mazda memasang sistem suspensi de-Dion yang sama dengan sportcar Eropa seperti Alfa Romeo yang stabil dipakai dalam tikungan, namun tetap nyaman.


Mazda juga memproduksi Cosmo seri-2 dengan tenaga yang lebih besar, 128hp. Berkat tenaga yang lebih besar, Cosmo seri-2 ini mampu berlari sampai kecepatan 195km/h, kecepatan yang impresif untuk mobil dengan ukuran yang kompak seperti ini. Semangat yang sama dengan roadster Mazda modern, Roadster / Miata

Mazda Cosmo
Meskipun memiliki performa yang cukup terhormat serta desain yang cantik, Cosmo Sport generasi pertama masih belum mendapat hati di publik. Hanya kolektor-kolektor sejati seperti Jay Leno serta maniak rotary (rotard) saja yang memiliki mobil ini. Padahal, Pedal2theMetal rasa secara aura & daya tarik Cosmo tidak kalah menggoda dibanding tunggangan Bond Girl, Aki, yaitu Toyota 2000GT!

19 thoughts on “Mazda Cosmo Sport, Legendaris Namun Bernasib Tragis

  1. desakan siapa yah?:mrgreen:

    ini mobil auranya dibanding RX8 disebelahnya pun gak kalah kok, ttep berkarisma🙂

    BTW thx udah dibikinin artikel ini nih, bagus bener, nambah pengetahuan….baru tau klo rotornya Cosmo jg ganda kayak RX8.

  2. Pingback: Toyota 2000GT, Sportcar Sejati JDM Pertama! « Pedal 2 the Metal Autoblog

    • Mazda sih yang paling dahsyat kalo rancang sasis & suspensi…..ane pernah liat di video Best Motoring soal RX-8, keliatan banget insinyur research Mazda bener-bener pengen bikin Ultimate JDM FR Handling

  3. Pingback: Autech Zagato Stelvio, Mobil Jepang Modis Rancangan Butik Italia « Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. Pingback: Januari, Welcome To Wankel-Rotary World! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  5. Pingback: NSU Spider, The Unsung Sixties Starlet « Pedal 2 the Metal Autoblog

  6. Pingback: Life Through the Lens : Old Japanese Cars by SÅ«-San | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s