Pahlawan Drift Part.3 : Doriten, Ryusuke Kawasaki

Ryusuke Kawasaki Doriten
Setelah Pedal2theMetal menulis tentang beberapa pahwlawan di dunia drift seperti Keiichi Tsuchiya & Nobushige Kumakubo, kali ini Pedal2theMetal akan menulis (sedikit) soal seseorang yang berjasa mengenalkan dunia & subkultur drifting Jepang ke dunia, Ryusuke Kawasaki

Ryusuke Kawasaki Doriten

“To the core drift enthusiasts to the mild enthusiasts, Drift Tengoku magazine is the first of its kind in the entire world!”
Ryusuke Kawasaki

Bagi orang awam, terutama yang kurang mengenal drifting Jepang, biasanya akan aneh mengapa Pedal2theMetal menulis tentang pria berambut pirang ini & menganggapnya sebagai pahlawan drift?

Ryusuke Kawasaki Doriten
Namun, bagi yang menyelami dunia drifting Jepang, pasti hafal dengan sosok “funky” ini. Karena berkat ia & media cetak yang ia pimpin, dunia menjadi tahu, bahkan menggilai apa yang disebut dengan “drifting” & gaya hidup para drifter Jepang yang unik serta membuat kita kagum!

Ryusuke Kawasaki Doriten
Yap! Kawasaki-san adalah editor dari Drift Tengoku, majalah serta video bulanan dengan tema drift, yang tergabung dalam media Option, yang dimiliki oleh taipan media otomotif Jepang, Daijiro Inada. Drift Tengoku sendiri, merupakan satu-satunya majalah yang mengulas soal drifting, sebelum muncul majalah lain, D to D (Drifting & Driving) muncul

Ryusuke Kawasaki Doriten
Drift Tengoku (ドリフト天国) yang berarti “Surga Drift”, pertama kali muncul pada tahun 1996 sebagai majalah temporer di Option2. Mengulas soal teknik-teknik drift, kompetisi serta membangun mobil drift, banyak orang yang menyukai majalah ini. Selain memiliki tema yang unik, liputan Drift Tengoku yang kerap disebut Doriten ini juga suka mengulas soal dunia drifing ilegal!

Ryusuke Kawasaki Doriten
Karena ini pula, Kawasaki-san sering dipanggil oleh pihak berwajib, karena dianggap sebagai koordinator pertemuan serta kompetisi para drifter jalanan, yang dianggap berbahaya. Namun, berkat kerja keras Doriten & pihak-pihak lainnya, akhirnya drift menjadi kultur yang sudah dianggap legal, bahkan sudah menjadi ciri khas dari Jepang

Ryusuke Kawasaki Doriten
Kawasaki-san yang meski sudah berusia 42 tahun namun tetap berpenampilan trendy ini, identik dengan 4 hal. Yang pertama adalah kesukaanya pada warna pink. Yep, warna feminin ini, merupakan warna favorit dari editor Drift Tengoku!

Doriten
Ini terlihat dari warna mayoritas mobil demo drift milik Doriten. Tak hanya Cefiro & Chaser, Skyline R32 GT-R milik Kawasaki-san juga ikut dicat berwarna pink! Oh iya, Kawasaki-san selain menjadi editor, juga suka menjadi kameramen lho! Hebatnya, saking lamanya ia “berkubang” di dunia drift, ia sudah tidak takut lagi memotret mobil drift secara dekat, karena tahu mana sudut-sudut yang akan diambil oleh drifter

Doriten
Selain pink, ciri khas dari Kawasaki-san adalah asap. Asap yang dimaksud sendiri, selain asap rokok (Kawasaki-san merupakan perokok berat, seperti drifter Jepang lainnya), juga karena pekerjaan & hidup yang dekat dengan asap-asap hasil ban yang terbakar akibat drifting serta asap mobil-mobil drift

Doriten
Yang ke-3 adalah…Wanita! Sering terlihat Kawasaki-san bercengkerama dengan para wanita, entah itu drifter, atau pacar para drifter serta fans-fansnya. Ini juga terlihat dari banyaknya para karyawan wanita di Drift Tengoku. Pantas saja ia betah memimpin majalah ini selama 15 tahun!

Doriten
Dan ciri khas Kawasaki-san yang terakhir & paling penting, adalah selalu DIY (Do It Yourself) dalam modifikasi, bahkan manufakturisasi parts-parts. Mungkin ini karena drifter itu Pedal2theMetal rasa mirip dengan komunitas Punk, yaitu berbeda dengan orang kebanyakan, persetan dengan kata orang, dan suka mengerjakan sesuatu dengan tangan sendiri

Doriten
Mengelas, memasang velg bahkan diferensial, memperbaiki bagian-bagian mesin yang rusak, modifikasi, semuanya kalau bisa dikerjakan sendiri. Karena ini pula, Doriten ruting mengulas trik-trik modifikasi secara DIY, dari yang “ringan” seperti mengatur suspensi, sampai yang kelas berat macam memodifikasi LSD yang sudah dianggap sebagai “ilmu hitam” karena termasuk berbahaya bagi kestabilan mobil!


Berkat pengalaman & pengetahuannya tentang drift yang sangatlah panjang, luas & luar biasa, panita D1GP menunjuk Kawasaki-san sebagai salah satu juri di D1GP. Bersama Eiiji “Tarzan” Yamada, Hisashi Kamimoto, Shinji Yamaji & Akira Iida, Kawasaki-san siap menggantikan sosok legendaris Keiichi Tsuchiya & Daijiro Inada sebagai juri D1GP


Hidup 24 jam 7 hari 365 hari terus di dunia drift, mengabdikan diri dalam media publikasi cetak terbaik tentang drift, serta menjadi juri dari kompetisi drift paling “suci” di Jepang & dunia. Dan yang terpenting, ia menyenangi kehidupanya, sebagai editor & sosok pelindung dari subkultur drift. Yep, itulah yang dinamakan hidup secara penuh!

Sumber : Doriten

One thought on “Pahlawan Drift Part.3 : Doriten, Ryusuke Kawasaki

  1. Pingback: Badass People #2 : Eiji “Tarzan” Yamada, Si Gila Dari Nara! « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s