“Revolutionary-R” Civic FD2 Type-R, Tujuan : Ingin Berbeda!

Honda Civic FD2 Type-R
Semenjak Honda Civic memiliki varian Type-R di model FD2 , CTR (Civic Type-R) menjadi memiliki “nasib” yang sama dengan Lancer Evo & Impreza WRX, yaitu identik dengan wing spoiler yang besar, bahkan menjadi trademark. Namun, melihat banyak pemilik Lancer Evo & Impreza WRX mulai melepas wing spoiler mereka untuk alasan estetika, bagaimana dengan CTR FD2?

Honda Civic FD2 Type-R
Salah satu yang mencoba formula baru itu adalah pemilik CTR FD2 yang berlokasi di Jepang ini. Memang, sekilas jika dilihat dari samping, siluet CTR ini tidak berbeda dengan FD2 Sedan. Untunglah dengan spoiler depan & diffuser belakang berbahan karbon dari Mugen mampu mendongkrak tampilannya.

Honda Civic FD2 Type-R
Pedal2theMetal berani bertaruh, pasti banyak pemilik FD2 baik model biasa atau Type-R tergiur dengan kap mesin karbon dari Mugen ini! Ya, dikombinasikan dengan grill dari Mugen & HID dari PIAA serta beam light dari Modulo, hasilnya memang sangat keren & sportif (meski harus dibayar dengan harga yang cukup tinggi!)

Honda Civic FD2 Type-R
Tak hanya di depan, tutup bagasi belakang pun juga diganti dengan bahan karbon. Tambahkan emblem “magis” & set knalpot Sports dari Mugen, jadilah FD2 Type-R Mugen Approved!

Honda K20A Civic Type-R FD2 Engine
Untuk mesin, lagi-lagi parts-parts dari Mugen mulai terlihat. Memang tidak banyak, hanya Air Cleaner box yang mendominasi pemandangan di mesin K20A bertenaga lebih dari 230hp ini. Agar nafas mesin lebih panjang, kopling metal dari ORC & Air Filter dari K & N turut dipasang.

Honda Civic FD2 Type-R Interior
Melihat interiornya, Pedal2theMetal jadi teringat dengan Mugen FD2 RR “Tsuchi-R” yang sarat dengan lapisan karbon. Dengan panel-panel karbon dari Modulo yang menyelimuti kabin FD2 dengan setir Momo RACE + knob klakson dari Honda NSX ini serta indikator dari Defi, aura ala mobil balap pasti akan terasa sangat kuat, apalagi ketika ngebut di jalan!

Honda Civic FD2 Type-R
Agar tidak kalah sportif dengan eksteriornya, kaki-kakinya pun turut dirombak. Dengan suspensi sport dari Modulo, tentunya pergerakan velg RE30 Hyper Bronze PREMIUM yang dibalut ban Dunlop DIREZZA SPORT Z1 STAR SPEC makin stabil & mudah diprediksi.

Honda Civic FD2 Type-R
Memang, dengan wing spoiler, mobil kita jadi terlihat mirip mobil balap & menambah downforce. Namun, tanpa wing spoiler-pun, mobil kita juga masih bisa terlihat sangar. Lagipula, untuk apa downforce yang kuat, jika kita hanya memakai mobil dengan kecepatan wajar & jarang ngebut?

Sumber : Michinoku FD Civic Owner Club

One thought on ““Revolutionary-R” Civic FD2 Type-R, Tujuan : Ingin Berbeda!

  1. Pingback: Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.1 « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s