FWD & Drift, Sulit Namun Tidak Mustahil


Kita semua tahu, bahwa drifting sangat identik dengan mobil dengan penggerak roda belakang (RWD), terutama dengan konfigurasi FR. Namun, melihat jumlah mobil-mobil dengan penggerak roda belakang yang tidak sebanyak era 80 – 90an, tentunya muncul subkultur baru, yang benar-benar unik & kontroversial : FWD Drift


Untuk memulainya, kita mulai dulu dari Keisuke Hatakeyama, yang diakui sebagai drifter FF papan atas. Dengan Honda Civic EF Hatch yang menggunakan mesin B18 dari Integra Type-R, ia mampu berkompetisi di arena MSC & D1SL, bahkan berhasil direkrut oleh produsen ban terkenal, Falken
*jika ingin membaca interview Hatakeyama-san & Honda Tuning Magazine, klik saja ini


Ini adalah video bagaimana Hatakeyama-san drifting di sirkuit Nikko di Jepang. Mungkin asap & sudut-sudutnya tidak segila mobil dengan RWD, namun menurut Pedal2theMetal, ini sudah menunjukan bahwa FWD juga bisa diajak drifting dengan baik


Awalnya, Hatakeyama-san memulai drifting dengan EF Hatch karena AE86 miliknya rusak. Setelah terbiasa mengikuti kejuaran Gymkhana (Autocross) dengan Civic miliknya, akhirnya ia memulai mengikuti kejuaraan-kejuaraan drifting, bertarung bahkan menang atas mobil-mobil penggerak RWD


Hatakeyama-san sendiri berkata, bahwa antusiasme drifting di Amerika, lebih besar dibandingkan di negara kelahirannya sendiri, Jepang. Mungkin karena para pemilik mobil FWD, terutama Honda yang sering “dilecehkan” oleh para pemilik mobil RWD & AWD?


Oke, mungkin lebih lambat, minim asap & lebih pendek, namun Hatakeyama-san berpesan, bahwa jangan merasa rendah diri karena memiliki mobil FWD namun ingin melakukan drifting, karena FWD & Drifting itu bukan mustahil, yang penting banyak berlatih & hapal dengan karakteristik mobilnya


Namun, yang membuat nama FWD Drifting makin meluas adalah berkat para pemilik Kei Car (minicar JDM). Wheelbase yang pendek, bobot ringan & perawatan yang murah, membuat Kei Car mampu ber-atraksi drifting yang bahkan lebih menegangkan dibandingkan para drifter RWD!


Apakah mobil FWD lain juga bisa? Tentu saja! Celica & Integra adalah salah satu contohnya. Mesin yang cukup kuat, ringan & handling yang baik, sudah cukup untuk dipakai drifting. Tentunya, Celica “Oni Camber” milik Kawashima-san juga jangan dilupakan, dengan modifikasi di camber yang benar-benar gila!


Di Indonesia, drifting dengan mobil FWD bukan hal yang aneh lagi. Mungkin ini terjadi karena populasi mobil RWD yang enak dipakai drifitng masih sedikit, membuat para pemilik mobil FWD seperti Yaris atau Swift, menyulap city car menjadi mesin drifting, bahkan ada kelas khususnya!


Menyebut drifting & FWD, tentunya akan menimbulkan banyak pertanyaan & perdebatan, apakah ini “drifting” atau “sliding”. Untunglah, berkat mulai banyak pemilik mobil FWD yang “memaksa” drifting dengan mobil mereka, semoga saja nanti FWD Drifting mulai diterima oleh publik drifiting!

*nantikan ulasan tentang bagaimana drifting dengan mobil FWD di Pedal2theMetal!

6 thoughts on “FWD & Drift, Sulit Namun Tidak Mustahil

  1. Pingback: Bagaimana Cara Drifting Dengan Mobil FF « Pedal 2 the Metal

  2. wah….bagus mas isi blognya..banyak membantu.makasih yo mas…

    terkenal ampe di sebelah loh ternyata.xixixi… :p

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s