Toyota Sprinter Trueno AE111, The Last Warrior!


Biasanya, jika kita mendengar nama Sprinter Trueno atau Levin, pasti yang akan muncul dikepala adalah sosok legendaris AE86 & AE85. Ya, wajar saja, karena popularitas Corolla mencuat karena “ulah” mereka berdua yang terkenal didunia balap. Namun, apakah anda ingat akan Sprinter generasi selanjutnya?


Seperti contoh, AE92 atau yang kali ini akan saya ulas, AE111. Pasti anda jarang mendengarnya bukan? Mungkin untuk AE92, kita sering melihatnya di jalan, dengan nama “Corolla Twincam”. Namun untuk varian AE111, bisa dibilang kurang terkenal, karena hanya dijual di pasar Jepang saja (JDM)


Mungkin yang membuat namanya kurang terkenal, adalah karena menggunakan penggerak FWD. Semenjak model AE92, Corolla memang mulai berpindah dari FR menuju FF, yang dianggap oleh para penggemar Corolla sebagai “kemunduran”. Ah, meskipun tidak lagi memiliki handling senikmat AE86, tetap saja AE92 & AE111 kencang bukan?


Faktor penting yang membuat AE111 kencang, adalah ini. Mesin spesial 4A-GE “Blacktop” bertenaga 162hp, yang karena kekuatan & keandalannya, banyak dicari para pemilik AE86 yang membutuhkan tenaga yang lebih namun reliable


Dengan kombinasi bobot AE111 yang relatif ringan, mesin tangguh, penggerak roda depan yang memiliki handling yang presisi, serta transmisi 6-percepatan, tentunya Sprinter Trueno mampu menawarkan akan handling yang baik, tidak kalah menyenangkan dibandingkan AE86


Oh iya, pemilik AE111 ini, sukses memasang bodykit langka TRD yang didesain oleh Molly Designs. Membuat paras Trueno ini makin tampan & tentunya, sportif


Jangan lupa kabinnya, yang karena lebih modern, tentunya jauh lebih nyaman dibandingkan AE86 yang memiliki kabin yang sangat simpel. Oh iya, mungkin anda merasa aneh, untuk apa pemilik Sprinter Trueno ini memasang banyak indikator di kabinnya?


Tentu saja jawabannya karena dia sering memacu mobilnya sampai batas maksimum, dan ingin terus memantau kondisi mobilnya, cukup realistis & tidak “ricer” bukan?


Meskipun tetap memiliki handling & mesin yang bagus, tetap saja nama AE111 tidak seharum para pendahulunya. Ah tapi tidak mengapa, mungkin saja, 5-10 tahun lagi, publik baru mengapresiasi AE111, semoga saja!

Sumber : Philip M Chugh Flickr Page

3 thoughts on “Toyota Sprinter Trueno AE111, The Last Warrior!

  1. Pingback: Q & A Tentang AE Hachiroku oleh Pedal2theMetal « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s