Lancia Stratos Zero 1970, Bibit Awal Desain Legendaris!

Lancia Stratos Zero
Siapa yang tidak tahu Lancia Stratos? Salah satu sportcar ikonik sepanjang masa, karena kehebatannya di arena rally, yang membuatnya memiliki banyak penggemar. Bahkan, 2 fans terbesarnya, Michael Stoschek serta Christian Hrabalec telah membuat 2 versi terbaru dari Stratos dengan menggunakan bagian-bagian dari mobil modern (Ulasan 2 mobil ini akan menyusul!)

Lancia Stratos Zero
Tapi, tidak banyak orang yang tahu bahwa awal mula sang sportcar legenda ini bermula dari sebuah mobil konsep rancangan rumah desain Bertone. Dialah Stratos Zero, yang dibangun pada tahun 1970 dengan ide memasang mesin Lancia Fulvia V4 1600cc kepada sasis serta body baru.

Lancia Stratos Zero
Lancia Stratos 0 (Zero), konon hanya dibangun dalam waktu 1 tahun, dan pertama kali diperkenalkan pada publik di perhelatan Turin Motor Show pada tahun 1970. Dengan desain yang benar-benar segar & mencengangkan, membuatnya menjadi sorotan publik & media, serta mencatatkan namanya di sejarah desain supercar.

Lancia Stratos Zero
Didesain oleh desainer muda & bertalenta, Marcello Gandini, yang juga bertanggung-jawab akan desain kontroversial Lamborghini Countach & Miura. Namun, meski kontroversial, diakui bahwa Gandini merupakan salah satu desainer yang mampu menghasilkan desain-desain yang ikonik. Lihat saja 2 contoh diatas, masih tetap indah & relevan kan sampai hari ini?

Lancia Stratos Zero
Dengan ukuran yang aneh, 3,58m untuk panjang & hanya memiliki tinggi 84cm, desain Stratos Zero sangat mencolok & terlihat sangat pipih. Jauh berbeda dengan desain versi produksinya. Kalau tidak percaya, coba saja anda bandingkan melalui gambar diatas!

Lancia Stratos Zero
Prototip ini awalnya direncanakan memiliki 3 opsi mesin, yang pertama adalah dari Lancia Fulvia, kedua dari Lancia Beta, dan yang akhirnya dipakai di versi produksinya, Dino Ferrari V6 yang mampu memproduksi tenaga maksimum 192hp.

Lancia Stratos Zero
Bertone sendiri memilih opsi yang pertama, mesin V4 bertenaga 115hp dari Fulvia, dan diletakan di tengah dengan posisi rendah serta desain suspensi & kemudi yang ekstrem, yang merubah paradigma konstruksi akan mesin di dunia supercar .

Lancia Stratos Zero
Stratos Zero, selain memiliki desain yang kontemporer, juga dengan fitur-fitur desain yang unik, seperti pintu yang hanya 1 dan dipasang didepan, lampu depan yang sangat pipih & futuristis, kap mesin berbentuk piramida, serta jendela samping yang terbelah.

Lancia Stratos Zero
Aneh? Bukan Bertone & Marcello Gandini jika tidak aneh & menggemparkan! Namun hasilnya benar-benar “menonjok” paradigma desain mobil, bahkan sampai hari ini…


Baja merupakan material utama dalam bahan untuk sasis & beberapa bagian body, yang dikombinasikan dengan serat kaca sebagai panel-panel bodynya, agar bobotnya makin ditekan rendah.


Interionya? Benar-benar seperti pesawat ulang-alik! Uniknya, di interiornya sendiri terpasang sebuah bagasi kecil untuk menaruh helm. Apakah ini pertanda bahwa Bertone tahu kreasinya akan bertransformasi menjadi sebuah mobil rally legendaris?


Ini adalah video bagaimana Stratos Zero melaju di jalanan. Pedal2theMetal bayangkan jika mobil ini berada di jalan saat ini, pastinya akan dianggap UFO karena bentuknya…


Karena desain yang ikonik ini, (alm) Michael Jackson pernah memakai Stratos Zero dalam film terkenalnya, Moonwalker serta untuk videoklip Smooth Criminal. Memang, jika dilihat-lihat, imej Stratos Zero & MJ itu sama sih, unik & berbeda dengan yang lainnya!


Hari ini, Stratos Zero merupakan koleksi dari museum Bertone, dan menjadi bukti bahwa sebuah mobil yang menggunakan mesin yang relatif kecil, namun jika memiliki desain yang keren & unik, pastinya bisa menjadi legenda!

*update : Salah satu prototip Stratos Zero, tahun ini dilelang untuk membantu meringankan beban Gruppo Bertone sebelum dijual

Sumber : Bertone Design Italia

11 thoughts on “Lancia Stratos Zero 1970, Bibit Awal Desain Legendaris!

  1. Pingback: Lamborghini – Bertone Genesis, Mobil Konsep Lamborghini Paling Eksentrik! « Pedal 2 the Metal

  2. Pingback: DOME Zero, Supercar Jepang Bernasib Seperti UFO! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  3. Pingback: Game, Nostalgia, Dan Rasa Cinta. List Game Racing Favorit P2tM! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. Pingback: Saya Lebih Memilih Bugatti EB110 Dibanding Veyron « Pedal 2 the Metal Autoblog

  5. Pingback: Lancia ECV2, Monster Rally (Kecil) dari Italia « Pedal 2 the Metal Autoblog

  6. Pingback: Renault 5 Alpine Group.2, A Little Things That Matters… | Pedal 2 the Metal Autoblog

  7. Pingback: The Dirtiest Spaceship, Lancia Stratos HF Part.1, Countdown & Liftoff | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s