Singer Design 911, Terkadang Hal Yang Klasik Merupakan Yang Terbaik


Pada tahun 1998, Porsche 911 berpendingin udara terakhir akhirnya selesai diproduksi oleh Porsche, karena akan digantikan oleh versi modern yang menggunakan pendingin air dengan kode 996. Dengan pendingin air, mesin 6 silinder segaris Porsche menjadi lebih mudah dirawat & lebih “tahan banting“.


Namun, banyak fans Porsche beranggapan bahwa Porsche 911 yang “murni” adalah yang versi klasik berpendingin udara keluaran tahun 1963 sampai 1989. Saat itu Porsche 911 merupakan sportcar ringan, mesin yang ditaruh dibelakang serta yang terpenting : Berpendingin udara.


Sayang, karena peraturan emisi, keamanan & kenyamanan yang ketat, karakter asli Porsche 911 yang benar-benar membius menjadi terasa “hambar“. Karena alasan inilah, Singer Vehicle Design, rumah desain dari Los Angeles meluncurkan 911 Classic untuk para pencinta 911 yang menginginkan kembali cita-rasa 911 yang dicintai banyak pengemudi.


Singer Design, berkeinginan agar 911 desain mereka ini memiliki keunggulan dari seluruh lini 911 yang pernah diproduksi, seperti semangat dari 911 klasik, desain tajam nan agresif dari 911 versi balap tahun 1974, keandalan dari 911 era 80an, dan kekuatan & teknologi dari 911 seri 964 / 993.


Bagaimana caranya? Ini dia metode pembuatan ala Singer Design dalam membuat 911 “Sempurna” versi mereka yang dibuat oleh tangan ini :

Singer 911
Pertama, mereka mengambil 911 klasik keluaran 1969 sampai 1989 sebagai mobil donor, dan menelanjanginya sampai sasis-sasisnya. Setelah siap dirombak, mereka lalu memperkuat rangka bodynya untuk menambah kekakuan rangkanya dengan “kulit” tambahan berbahan karbon fiber. Yang hebatnya, selain pintu, seluruh body 911 yang aslinya berbahan metal digantikan bahan kuat & ringan, Karbon Kevlar.

Singer 911
Selain body & rangka, upaya lainnya dari Singer untuk menambah kestabilan 911 ini adalah dengan menggunakan sistem suspensi MacPherson dari Porsche Carrera SC (Sport Classic) serta per dari Eibach dan anti-roll bars daru Smart Racing. Membuatnya siap diajak meliuk-liuk dengan mudah, sesuai dengan ciri khas Porsche 911 sebagai mobil dengan handling terbaik!


Untuk mempermudah pengendaliannya, sistem kemudi asli 911 dari ZF digantikan dengan power steering elektrik yang diklaim Singer mampu mengemulasi rasa akan “Dekatnya pengemudi & jalanan”. Penggunaan power steering elektrik juga dimaksudkan agar mobil ini lebih mudah dikemudikan di jalan raya yang ramai.


Ini dia keunggulan dari 911 Singer Design : Mesin berpendingin udara. Singer Design menggunakan mesin berpendingin udara terakhir yang dibuat Porsche yaitu Flat Six 3600cc dari Porsche 993 yang ditingkatkan kapasitasnya menjadi 3820cc berkat komponen dari Ninemeister & Jerry Woods Enterprises.


Untuk menambah responsifitas & fleksibilitasnya, ECU dari Motec serta kontrol traksi digunakan. Hasilnya? Singer 911 ini mampu menyediakan tenaga 360hp untuk pemakaian normal, dan 425hp jika pengemudi ingin merasakan sensasi “911“.


Bagaimana performanya? 0-100km/h hanya dalam waktu 3,9 detik serta topspeed 274km/h. Tidak kalah dengan mobil keluaran terbaru bukan? Bayangkan…performa impresif ini dihasilkan dari mobil donor yang berusia hampir 40 tahun!


Peraturan pertama dalam membuat mobil kencang : Gunakan rem yang kuat. Singer akhirnya memasang perangkat rem terbaru 4 piston dari Brembo, yang bersembunyi dibalik velg palang 5 “Zuffenhaus” berbahan alumunium yang kondang dikalangan penggemar Porsche & Volkswagen. Velg cantik berukuran 17″ itu lalu dibalut ban Michelin Pilot Sport, sama seperti 911 terbaru.

Singer 911
Mengagumkan” adalah kata yang terpikir di kepala ketika melihat interior garapan Rob Singer! Dengan kulit serta jahitan kelas atas yang menyelimuti kabin 911 ini, pastinya kita akan terpesona akan kerapihannya & kemiripannya dengan 911 klasik. 2 barang andalannya adalah jok Recaro elektrik serta setri MOMO Monza, barang utama yang wajib dimiliki kolektor 911 klasik.

Singer 911
Hebatnya, Singer dapat memasang perangkat modern seperti AC, navigasi satelit dari Garmin, konektivitas iPod serta Bluetooth sebagai opsi tambahan. Klasik tidak berarti harus kuno kan?


Sebenarnya itu terasa tidak aneh, karena Singer sendiri memasang lampu HID serta sensor spoiler untuk naik-turun sesuai kecepatan. Pastinya 911 Classic ini tidak kalah canggih dengan Porsche 911 (997) baru bukan?

Singer 911
Penasaran ingin merasakan sensasi 911 Classic “original“? Silahkan memesan ke Singer Vehicle Design dan siapkan dana sebesar $200.000 untuk membelinya

Mahal? Namanya juga membeli maha-karya!

Sumber : Singer Vehicle Design

One thought on “Singer Design 911, Terkadang Hal Yang Klasik Merupakan Yang Terbaik

  1. Pingback: Porsche & Kepraktisan, Kata Siapa Tidak Bisa? « Pedal 2 the Metal

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s