ProtoMotors Spirra, Supercar Rasa Ginseng!

ProtoMotors Spirra
Ingin memiliki supercar, namun ingin sesuatu yang berbeda? Banyak pilihannya. Dari yang memilih supercar dengan spesifikasi khusus & terbatas, atau memilih pabrikan yang tidak terlalu terkenal namun memiliki performa yang baik.

ProtoMotors Spirra
Bagaimana jika kita memilih opsi yang kedua. Maka pilihannya akan semakin banyak, dari yang buatan Eropa, sampai yang buatan Korea. Heh, memangnya ada supercar dari Korea? Jangan salah, selain De Macross GT1, Korea juga memiliki supercar yang memiliki performa baik, serta harga yang kompetitif bernama Spirra.

ProtoMotors Spirra
Spirra, awalnya didesain oleh perusahaan kecil bernama Oulim, setelah 10 tahun riset & pengetesan akhirnya diproduksi, setelah hak produksi Spirra dibeli oleh perusahaan karoseri Korea, ProtoMotors. Desain futuristis Spirra ini, sepertinya hampir mirip dengan Autobacs Garaiya atau Tommy Kaira ZZ-2. Pedal2theMetal rasa pabrikan-pabrikan Korea memang sedang berbenah dalam soal desain, termasuk Hyundai!

ProtoMotors Spirra
Body Spirra ini, dibuat dari karbon fiber dan dipasang di sasis spaceframe tubular. Dengan bobot hanya 1.323kg, Spirra termasuk ringan & sepertinya seimbang dengan saingan terdekatnya, Lotus Evora.

ProtoMotors Spirra
Spirra yang memiliki 4 model ini memiliki 4 macam mesin juga. Konsumen bebas memilih, dari versi pertama yang diperkuat mesin V6 2700cc supercharger dari Hyundai Genesis bertenaga 175hp, sampai V8 4600cc yang bertenaga 500hp, yang membuat Spirra siap berakselerasi 0-100km/h dalam 3,5 detik serta kecepatan maksimum 315km/h!

ProtoMotors Spirra
Untuk menahan gempuran tenaga sebesar itu, ProtoMotors memasang perangkat rem kuat Brembo 6-piston di depan & 4-piston dibelakang, serta velg 18″ yang dibuat sendiri oleh ProtoMotors.

ProtoMotors Spirra
Yang mengagumkan adalah interiornya, sangat keren, bahkan jika dibandingkan dengan pabrikan Eropa. Kombinasi antara karbon fiber & kulit berkualitas tinggi, memang berhasil membuat Spirra terlihat elit. Jangan lupa teknologi-teknologi seperti layar sentuh LCD untuk navigasi & perangkat hiburan.

ProtoMotors Spirra
Untuk membuktikan kemampuan Spirra, ProtoMotors pernah membuat versi kompetisi dari Spirra untuk berkompetisi di kejuaraan Korean GT Master dan bersaing dengan kompetitornya seperti BMW M3 GTR, Porsche 911 GT3 RSR serta Nismo 350Z.

ProtoMotors Spirra
Agar kemampuannya tidak kalah dengan saingannya, ProtoMotors memasang mesin V6 2700cc Twin Turbo dengan tenaga 600hp dan mampu melaju sampai 338km/h. Dengan kemampuan ini, Spirra mampu menjuarai KGTM pada tahun 2008. Termasuk hebat, karena debut awalnya dimulai pada tahun yang sama, di sirkuit Yongin Speedway.

ProtoMotors Spirra
ProtoMotors sendiri lebih fokus pada pasar negaranya sendiri & Asia, sehingga Eropa & Amerika belum dapat mencicipi kemampuan Spirra. Semoga saja melihat animo pasar yang baik, ProtoMotors berencana memasukannya ke negara-negara lain, termasuk Indonesia!

Sumber : ProtoMotors

2 thoughts on “ProtoMotors Spirra, Supercar Rasa Ginseng!

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s