“Mastertee31” EG6 Civic DX 1993, (Mencoba) Retro


Civic EG6 itu…tanggung. Dibilang retro belum (desain hatchback 3 pintunya long lasting), dibilang modern juga susah (desainnya sudah berusia 18 tahun). Apa boleh buat, akhirnya para pemilik EG6 jadi merombak habis-habisan mobilnya, agar terlihat lebih muda, dengan ubahan yang ekstrem.


Namun salah satu member di EG6 Club dengan ID “Mastertee31” justru malah melakukan ubahan yang berbeda, namun bisa dibilang cukup cerdas, yaitu menggabungkan modifikasi OEM yang modern, namun diinjeksi gaya retro Jepang. Hasilnya? Sebuah EG6 yang terlihat segar & enak dipandang.


Kita lihat di eksterior Civic yang sudah dicat ulang dengan warna Mercedes Calcite White ini. Lip spoiler & side skirts dari Civic EK Type-R serta headlight TYC Projector dengan lampu HID Philips 8000k, membuat Civic yang akrab dipanggil Estilo di Indonesia ini tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan mobil keluaran tahun terbaru!


Nah, unsur retronya sendiri ada di pemilihan desain velgnya, yaitu Dragwheels DR-20 berukuran 15″ yang dibalut band Dunlop Direzza. Meskipun bukan velg retro “original” (kopian dari Work Equip 03), toh yang penting hasilnya tetap sama-sama keren kok. Untuk menambah kemampuan mengerem, perangkat rem OEM EG6 SiR JDM & brakepad dari KVR menjadi pilihan untuk rem.


Meskipun bergaya retro, tapi untuk pilihan mesinnya sendiri justru malah modern. Ya, B18C1 dengan IABS! Mesin dari Integra GS-R USDM ini lalu ditambah performanya dengan perubahan di ECU P72 yang dilengkapi dengan launch control serta Short Ram Air. Pastinya EG6 ini makin kencang dengan mesin itu!


Mesin kencang, tentunya membutuhkan stabilitas yang baik, maka perangkat suspensi dari Tom Motorsport dengan per yang memiliki kekerasan 450lbs di depan & 350lbs di belakang menggantikan suspensi OEM Honda. Selain lebih ceper, pastinya kontrol Civic ini makin responsif & stabil.


Tapi ternyata, ubahan paling total berada di interiornya. Selain jok bucket seat dari Acura RSX-S yang dibalut kulit, semua lapisan dicat berwarna hitam. Untuk aksesori-aksesori seperti tuas perseneling, karpet & handel rem tangan sendiri, diganti dengan produk dari Sparco, dan perubahan instrumen penunjuk dengan milik Si yang dikonversi menjadi LED membuat kesan elegan namun tetap sporty makin menyeruak.


Kombinasi harmonis dari gaya Retro JDM & Sporty OEM …patut dicoba untuk anda para pemilik EG6!

Sumber : EG6 Club

2 thoughts on ““Mastertee31” EG6 Civic DX 1993, (Mencoba) Retro

  1. Pingback: Black EG Hatch Estilo, Kasar Namun Berkarakter! « Pedal 2 the Metal

  2. Pingback: Sportcar Motion Civic EG6 CX, FWD Rocks! « Pedal 2 the Metal

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s