10 Alasan Mengapa Saya Mesti Jatuh Cinta Dengan Alfa Romeo 4C

Alfa Romeo 4C
Oke, Pedal2theMetal akan jujur kepada anda : Pedal2theMetal jatuh cinta dengan Alfa Romeo 4C!

Dari dulu Pedal2theMetal selalu memikirkan, kapan Alfa Romeo memiliki sportcar indah yang kencang, memiliki handling yang baik serta memiliki penggerak roda belakang, dan tentu saja…memiliki harga yang masuk akal.

Alfa Romeo Brera
Bukankah ada Alfa Romeo Brera? Meskipun harga & performanya bagus, Brera memakai penggerak 4WD Torsen yang meskipun stabil, namun kurang memberikan rasa “Alfa Romeo” klasik yang membuat banyak orang tergila-gila pada Alfa Romeo.

Ini dia 10 alasan, mengapa saya, jatuh cinta terhadap sportcar kompak pesaing Porsche Cayman ini!

Merupakan Saudara 8C
Alfa Romeo 8C Competizione
Alfa Romeo 8C adalah salah satu supercar yang paling diidam-idamkan oleh penggemar Alfa Romeo atau supercar Italia. Dengan desain indah, mesin yang berasal dari Maserati GranTurismo, serta kabin yang benar-benar cantik, siapa yang tidak mengaguminya? Sayangnya…karena kuantitas yang terbatas serta harganya yang benar-benar mahal, membuat banyak Alfisiti tidak dapat merasakan sensasi membius dari 8C.

Alfa Romeo 4C
Beruntunglah, Alfa membuat 4C seperti 8C, seperti penggunaan serat karbon & alumunium di body & sasis, serta tentunya penggerak roda belakang. Yang lebih menyenangkan lagi : 4C direncanakan akan dibuat massal!

Bobot Yang Ringan
Alfa Romeo GTV
Salah satu kelebihan utama yang legendaris dari Alfa Romeo adalah memiliki handling yang (sangat) baik, dan salah satunya didapatkan dari bobot yang ringan. Namun, tidak seperti Alfa Romeo klasik, sekarang produk-produknya, seperti Brera & GTA, memiliki bobot yang relatif berat. Melihat banyak keinginan agar Alfa memiliki sportcar ringan, akhirnya terwujudlah 4C, yang memiliki rasio tenaga & berat yang impresif, 4kg/hp! Ini berkat bobot ringan (hanya 850kg!) dari penggunaan bahan baku serat karbon untuk body & alumunium untuk sasis.

Penggerak RWD
Alfa Romeo 8C
Selain bobot yang ringan, penggerak roda belakang adalah salah satu ciri khas sportcar Alfa Romeo klasik. Setelah 8C, Alfa memasang penggerak roda belakang kepada 4C. Kombinasi antara bobot yang ringan & RWD, pasti menghasilkan mobil yang nikmat dikendarai, apalagi distribusi bobotnya termasuk ideal, 40% di depan & 60% dibelakang .

Berbasis Dari KTM X-Bow
KTM X-Bow Red
Mungkin banyak yang tidak tahu, bahwa Alfa menggunakan sasis modifikasi dari X-Bow yang dirancang oleh Dallara, membuat dimensi 4C menjadi kompak. Dan anda tahu sendiri kan kemampuan Dallara & X-Bow di dunia balap? Pastinya sasis ini memiliki faedah yang membuat Alfa memasang sasis ini ke 4C.

Sistem Suspensi Yang Mantap

Bobot yang ringan, penggerak RWD & sasis yang baik tentunya masih belum cukup untuk membuat 4C menjadi sportcar “Alfa Romeo Sejati” tanpa suspensi yang bagus. Untuk itu akhirnya Alfa memasang suspensi revolusioner, McPherson Quadrilateral di depan & belakang. Membuat pengendalian 4C dipastikan akan impresif & responsif.

Mesin Kompak Bertenaga

Inilah alasan mengapa Alfa menamakan sportcar terbarunya bernama 4C, karena Alfa membenamkan mesin kuat 4 silinder turbo berkapasitas 1750cc dari Alfa Romeo Giulietta Q, yang memakai teknologi canggih seperti Direct Fuel Injection, Dual Continuously Variable Valve Timing, serta kontrol turbocharger yang khusus, agar mencegah turbo lag. Belum lagi, tenaga yang lebih dari 200hp itu disalurkan melalui transmisi dual kopling Alfa TCT yang baru saja dipakai oleh Alfa Romeo MiTo.

Desain Yang Cantik
Alfa Romeo 4C
Oke, mungkin anda akan melihat garis-garis desain dari Giulietta pada 4C, namun itu bukanlah hal yang buruk bukan? Alfa Romeo yang (selalu) memiliki desain keren yang khas, lagi-lagi memperlihatkan pada produsen lain, bagaimana caranya membuat sportcar menjadi anggun, eksotis & tetap memiliki ciri khas.

Harga Yang Kompetitif
Alfa Romeo 4C
45.000 euro mungkin bukanlah harga yang murah. Hey, tapi ini kan bukan mobil sedan atau minivan? Harga segitu, dengan segala kelebihan & nama besar Alfa, tentunya lebih menarik banyak orang dibanding Porsche Cayman atau Nissan 370Z. Belum lagi varian Spider yang (bisa dipastikan) akan muncul, membuat ketar-ketir Boxster & 370Z Cabriolet!

Ini adalah Alfa, Alfa Romeo
Alfa Romeo 4C
Dengan sejarah, ciri khas & desain yang legendaris, bahkan seorang Jeremy Clarkson & James May dari Top Gear pun berani berkata : Anda bukanlah seorang penggemar mobil sejati, jika belum pernah memiliki atau mengendarai Alfa Romeo. Masuk diakal memang, jika melihat bahwa (hampir) setiap Alfa Romeo, memiliki keunikan tersendiri dibanding mobil-mobil lainnya!

Jadi, wajar bukan…jika Pedal2theMetal jatuh cinta terhadap Alfa Romeo 4C?

Sumber Foto : DoroDesign

One thought on “10 Alasan Mengapa Saya Mesti Jatuh Cinta Dengan Alfa Romeo 4C

  1. Pingback: Alfa Romeo Scighera, Mobil Konsep Terseksi! « Pedal 2 the Metal

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s