Tommy Kaira 25R, Keunikan Dari Skyline R34 Yang “Terkucilkan”


Logo kura-kura di Skyline? Jika yang melakukannya adalah tuner-tuner tidak jelas, pastinya akan dicaci-maki! Namun…bagaimana dengan Tommy Kaira? Pasti tidak ada yang menyangkal, karena Tommy Kaira bisa dibilang salah satu tuner spesialis Nissan yang dikenal dan memiliki kreasi-kreasi unik dan keren (terimakasih Gran Turismo!)


Seperti contohnya, Tommy Kaira 25R milik Anthony Mendoza ini. Dengan hanya diproduksi 163 unit, bisa dibilang salah satu R34 yang langka, selain Z-Tune & Nurburgring Edition


Mengapa Pedal2theMetal bilang Skyline R34 yang “terkucilkan”? ini karena Tommy Kaira memakai basis Skyline R34 varian GT-TT alias R34 non GT-R, yang jarang dipilih orang karena tidak membopong nama legendaris GT-R. Ah…tetap saja yang namanya R34 varian apapun, tetaplah keren!


Perbedaan paling mecolok dengan R34 lain tentu saja di eksteriornya. Body kit Tommy Kaira yang agresif pastinya mencuri perhatian, apalagi lampu sorot tambahan dari PIAA & wing sporty berbahan alumunium yang kuat


Oh iya, bicara tentang lampu tambahannya, PIAA merancang lampu itu dapat dikontrol arahnya via remote control dalam kabin, unik karena hanya satu-satunya Skyline yang bisa melakukannya!


Kalau hanya modifikasi di eksterior saja, tentunya kurang afdol dong? Mesin RB25DET NEO milik R34 GT-TT ini ditambah performanya oleh Tommy Kaira, seperti pemasangan turbocharger GT Pro S 2835 Actuator Series Kit & SPF Induction kit dari HKS, menghasilkan tenaga sebesar 346hp@6100rpm serta torsi maksimum 474nm@4600rpm, lumayan!


Interiornya sendiri jika dilihat sekilas, tidak jauh berbeda dengan varian GT-R, karena Tommy Kaira sendiri memasang jok dari R34 GT-R, serta warna trim interior yang dominan berwarna abu-abu dengan aksen detail berwarna merah. Namun, yang paling mencolok adalah….


…speedometer digital canggih dengan cover dari alumunium, yang bentuknya sangat keren! Selain bentuknya yang sporty, indikatornya pun unik, karena menggunakan hitungan mp/h, padahal 25R ditujukan untuk pasar Jepang yang menggunakan hitungan km/h!


Dengan keunikan-keunikannya, pantas saja 25R ini mampu menjuarai sebagai “Best SOC R34” di JAE (Japanese Auto Extravaganza) tahun 2008, serta “Best R34” di acara Z010 yang penjuriannya dilakukan oleh Ajay Panchal, desainer 350Z. Jangan lupa 2x diliput oleh majalah Total Nissan, membuat nama Anthony Mendoza menjadi terkenal di kalangan pemilik Skyline di Eropa!

Sumber : Skyline Owners Club Forum

2 thoughts on “Tommy Kaira 25R, Keunikan Dari Skyline R34 Yang “Terkucilkan”

  1. Pingback: WALD R35 GT-R Sports Line Black Bison « Pedal 2 the Metal

  2. Pingback: Mesin Nissan RB, Jantung Mekanis JDM Paling Ikonik Part.2 « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s