Mclaren MP4-12C GT3, Siap Mengulangi Kejayaan Mclaren F1 LM?


Disaat dunia masih mengagumi kedahsyatan Mclaren MP4-12C, Mclaren sudah memulai proyek MP4-12C untuk berpartisipasi di kelas GT3. Kelas dimana saingan terdekatnya, Ferrari 458 Italia yang juga siap mengikuti kelas GT3.


Mclaren melakukan testing awal MP4-12C GT3 di sirkuit Silverstone, Inggris bersama pembalap berkebangsaan Portugal, Álvaro Parente dari CRS Racing, mitra Mclaren di proyek ini sekaligus memperlihatkan kemampuan MP4-12C dalam spek balap.


Berdasarkan pihak Mclaren, sebelum melakukan testing di sirkuit ini, Mclaren sudah melakukan tes virtual Mclaren Simulator di markas mereka, Woking. Tes virtual ini juga sama sewaktu Mclaren meneliti kemampuan MP4-12C versi jalan raya serta mobil balap Formula 1 milik mereka.


Secara fisik, versi GT3 ini tidak terlalu berbeda jauh dengan varian jalan rayanya. Perubahan-perubahan eksteriornya hanya menambah lebar mobil sekitar 4″ lebih lebar, GT Wing dari serat karbon serta diffuser baru yang menambah daya traksi mobil sewaktu melaju.


Untuk sektor suspensinya, sejak sistem kontrol sasis ProActive bawaan MP4-12C tidak sesuai dengan regulasi FIA, Mclaren menggunakan sistem suspensi balap normal. Meskipun Mclaren berencana membuat sistem suspensi canggih baru yang memenuhi regulasi FIA.


Sedangkan untuk mesinnya sendiri, Mclaren tidak memberi tahu ada perubahan apa saja. Namun, melihat performa mesin V8 3800cc twin turbo bawaan MP4-12C yang sudah mumpuni, pastinya untuk versi balapnya akan lebih kencang. Satu-satunya ubahan yang terlihat adalah penggantian transmisi dari 7-percepatan versi jalan raya ke 6-percepatan spek balap.


Figur MP4-12C GT3 sendiri, mengingatkan kita pada Mclaren F1 LM Short Tail, yang melegenda di dunia balap. Apakah MP4-12C GT3 siap mengulangi kejayaan Mclaren di dunia balap Sportcar? Kita tunggu saja nanti!


McLaren Automotive & CRS Racing sendiri, berencana akan menjual MP4-12C GT3 beserta parts-parts pendungknya nanti pada tahun 2012, dimana 458 Italia juga akan memulai debut awalnya di kelas GT3. Berminat? silahkan mendaftar di link sumber dibawah!


Ingin melihat lebih jelas bagaimana Mclaren MP4-12C GT3 di sirkuit? Saksikan di video keren ini!

Sumber : Mclaren GT

2 thoughts on “Mclaren MP4-12C GT3, Siap Mengulangi Kejayaan Mclaren F1 LM?

  1. Pingback: Aston Martin Vantage GT3, Ksatria Balap Terbaru Inggris « Pedal 2 the Metal

  2. Pingback: McLaren MP4-12C & Dunia Modifikasi, Bisakah? | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s