Mclaren MP4-12C, Awal dari Jalan Baru Mclaren

McLaren MP4-12C
Tahun ini adalah tahun yang bersejarah bagi McLaren. Setelah meluncurkan divisi mobil jalan raya untuk menandingi Ferrari, Firma mobil balap dari Inggris ini akhirnya meluncurkan supercar terbarunya, yang sudah dinanti-nantikan oleh dunia.

McLaren MP4-12C
Diberi nama MP4-12C, Mclaren telah meriset & mengetes mobil ini secara rahasia, dan mengandung teknologi-teknologi yang berasal dari arena balap Formula 1.

McLaren MP4-12C
Mmmm…Kita mulai dari konstruksinya, rangka MP4-12C dibuat dari karbon fiber yang kuat & solid. Namun tidak seperti pesaing & pendahulunya, Mclaren F1, rangka MP4 dibuat secara utuh, tidak terpisah-pisah lalu disatukan. Membuat bobot rangkanya menjadi rigid dan ringan, hanya 88kg!

McLaren MP4-12C
Dengan body & rangka yang dibuat seluruhnya dari karbon & komposit, membuat McLaren baru ini lebih mahal dari kompetitornya dengan harga $265.000 – lebih mahal dari Ferrari 458 Italia atau Lamborghini Gallardo LP560-4, namun tentunya dengan kelebihan yaitu lebih ringan bobotnya.


MP4 menggunakan mesin V8 twin-turbo 3800cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 600hp dan torsi maksimum 586nm, yang McLaren klaim sebagai mesin dengan tenaga terbesar dari rasio tenaga & polusi karbon dioksida – lebih dari mesin bensin, diesel atau bahkan hybrid.

McLaren MP4-12C
Berbanding terbalik dengan gosip-gosip terdahulu, bahwa Mclaren menggandeng Mercedes-Benz sebagai partner dalam menyediakan mesin. Nyatanya, Mclaren mendesain & merancang mesinnya sendiri karena Mercedes-Benz sendiri sibuk memproduksi supercar-nya sendiri, SLS & juga membantu membuat mesin untuk Pagani Huayra.

McLaren MP4-12C
Mesin MP4, memiliki teknologi & fitur-fitur yang canggih, salah satunya adalah flat-plane crank, mirip dengan Yamaha R1 dan mampu berkitir sampai 8500rpm, dan 80% torsinya dapat diraih sejak putaran mesin masih rendah, 2000rpm!

McLaren MP4-12C
Mesin canggih & body yang ringan serta aerodinamis, membuat MP4-12C memiliki akselerasi di angka 3 detik dan topspeed 320km/h lebih, angka yang baik, meskipun tidak sefenomenal Mclaren F1, yang di zamannya menjadi mobil tercepat di dunia.

McLaren MP4-12C
Mungkin anda beranggapan, bahwa mobil sekencang & sehebat ini menggunakan rem karbon keramik agar mampu berhenti & mengontrol tenaganya dengan baik, Ternyata, McLaren berkata bahwa MP4 menggunakan rem konvensional karena bobotnya lebih ringan.

McLaren MP4-12C
Supaya pengeremannya tetap maksimal, Mclaren menambahkan sistem Brake Steer yang otomatis mengerem belakang jika terjadi slip yang ekstrim, membuat MP4 menjadi supercar yang aman, tidak liar & menantang seperti Mclaren F1.

McLaren MP4-12C
Namun, teknologi paling mengagumkan dari MP4 adalah transmisi 7-percepatan dengan dua kopling, dimana teknologi Pre-Cog membuat pengemudi siap mengganti gigi dengan kecepatan secepat peluru!

McLaren MP4-12C
Mclaren sendiri berencana memproduksi 1000 unit MP4-12C di tahun 2011, dengan seperempatnya sudah dibeli untuk pasar domestiknya, Inggris serta sisanya dilempar ke Amerika & negara-negara lain.

McLaren MP4-12C
Ada rencana lain Mclaren melihat reaksi positif publik, seperti membuat varian konvertibel, namun untuk saat ini, Mclaren siap merubah peta supercar dunia dengan MP4-12C!

4 thoughts on “Mclaren MP4-12C, Awal dari Jalan Baru Mclaren

  1. Pingback: Mclaren MP4-12C GT3, Siap Mengulangi Kejayaan Mclaren F1 LM? « Pedal 2 the Metal

  2. McLaren emang MANGSTAB!!!
    Kalo gak salah ada bagian yg pake bahan magnesium deh, apa ya…. lupa saya.
    Dashboardnya KEREN banget, sekeren dashboard Lamborghini Aventador.
    Gosipnya McLaren lagi ngembangin mobil lagi namanya P12, bermesin V8 juga.

  3. Pingback: McLaren MP4-12C & Dunia Modifikasi, Bisakah? | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s