Ferrari F40, Tua, Perkasa & tetap Mempesona


Untuk merayakan ulang tahun ke-40 dari Ferrari, Enzo Ferrari bersama tim desainernya, membuat sebuah supercar yang menurut Pedal2theMetal sebagai yang pertama memindahkan teknologi mobil balap ke jalananan. Lebih lanjut lagi, F40 dibuat, hanya menggunakan perangkat-perangkat yang dibutuhkan oleh pengemudi saja. Bagaimana kisah mobil hebat ini?


Dengan asas fungsi diatas penampilan, F40 menjadi mobil terakhir yang diarahkan oleh Enzo Ferrari sebagai supervisor, sebelum beliau meninggal pada usia 90 tahun di tahun 1988.


Belajar dari kesuksesan akan penggunaan turbocharger di Formula Satu, 288 GTO merupakan Ferrari dengan turbocharger pertama untuk jalanan yang diluncurkan di tahun 1984. F40 pun memiliki resep yang sama : longitudinal, mesin di tengah, dengan mesin V8 twin turbo-charged berkekuatan 477hp.


Body F40 sendiri sangat ringan, hanya 1.100kg! Ini karena Ferrari menggunakan Kevlar untuk body rancangan Pininfarina yang dipasangankan dengan sasis dari baja, dan menggunakan material Lexan untuk memperlihatkan mesinnya. Body & sasis ini dibuat oleh Scaglietti dan dirakit di pabrik Ferrari.


Dengan bobot seringan & dipadukan dengan mesin yang potensial, F40 memiliki performa yang spektakuler di zamannya. Akselerasi F40 untuk 0–100km/h hanya membutuhkan waktu 3.8 detik (dan untuk versi LM hanya 3.2 detik), membuat F40 memiliki akselerasi yang lebih singkat dibanding Porsche 959, kompetitor utamanya disaat itu!


Dengan konfigurasi yang membuat F40 mampu melewati batas psikologis 320km/h, F40 menjadi mobil jalan raya terkencang di dunia pada tahun 1987-1989, dan pada masa produksinya, menjadi mobil Ferrari yang paling kencang, kuat & mahal.


Interior F40 sendiri, sangat fungsional, tanpa perangkat kenyamanan seperti AC & Audio, ditambah tidak adanya power steering & kontrol traksi, membuat F40 lebih mirip mobil balap untuk jalan raya dibanding mobil jalan raya berteknologi balap!


Setelah diluncurkan, F40 direncanakan diproduksi hanya 1300 unit untuk pasar Amerika dan Eropa. Dan F40 memberikan publisitas yang melimpah untuk Ferrari dan menjadi ikon kecepatan Italia. Hebat kan?


Ferrari F40, Pedal2theMetal rasa adalah sebuah puncak & ikon dari supercar & Ferrari di era 90’an. F40 mendobrak batas akan kecepatan yang mampu dicapai oleh mobil. Ini lalu dilanjutkan Ferrari melalui ciptaan mereka selanjutnya, F50 dan Enzo.

Sumber Foto : Dennis Notten Photography

9 thoughts on “Ferrari F40, Tua, Perkasa & tetap Mempesona

  1. Pingback: Apa Yang Salah Dengan Ferrari F50? « Pedal 2 the Metal

  2. Pingback: Porsche 959, Supercar Pertama Porsche! « Pedal 2 the Metal

  3. Pingback: Alfa Romeo 33 Stradale, An Italian Sweetheart! « Pedal 2 the Metal

  4. Pingback: Guy Martin, Kisah Sang Pembalap, Mekanik Truk & Aston Martin « Pedal 2 the Metal Autoblog

  5. Pingback: Game, Nostalgia, Dan Rasa Cinta. List Game Racing Favorit P2tM! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  6. Pingback: Saya Lebih Memilih Bugatti EB110 Dibanding Veyron « Pedal 2 the Metal Autoblog

  7. Pingback: Ferrari 456 GT, The (Unforgettable) Forgotten Horse « Pedal 2 the Metal Autoblog

  8. Pingback: RE-Amemiya GReddy VI-AZ1, Born as Elf, Raised like a Giant « Pedal 2 the Metal Autoblog

  9. Pingback: Me, His Creation & History. Pedal2theMetal Mengingat Sergio Farina | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s