Alfa Romeo SZ & RZ, Coupe berotot dari Italia

Alfa Romeo SZ
Alfa Romeo SZ (Sprint Zagato) atau ES-30 (Experimental Sportscar 3.0 liter) adalah sportscar coupe berperforma tinggi, yang dibuat pada tahun 1989 sampai 1991, dengan kerjasama antara Centro Stile Zagato, Centro Stile Alfa Romeo dan Centro Stile Fiat. Apa kehebatan & keunikannya? Ayo kita cari tahu!


Pertama kali diperkenalkan sebagai ES-30 di Geneva Motor Show 1989 sebagai kendaraan konsep prototip oleh Zagato, dan dibuat & dirakit oleh pihak Zagato juga, meski bukan secara mekanikal. Mobil ini sendiri menggunakan headlight yang tidak biasa, 3 buah lampu yang berderetan di sisinya.

GTV RZ
Pedal2theMetal rasa desain headlight SZ ini adalah desain yang akan menjadi ciri khas Alfa Romeo di era 2000-an seperti ditemui di GTV & Brera!


Selanjutnya, Robert Opron dari studio desain Fiat merupakan yang bertanggung-jawab akan sketsa awalnya, sedangkan Antonio Castellana merupakan penanggung jawab akan detil dan interior desain finalnya. Hanya logo ‘Z‘ dari Zagato sebenarnya yang tersisa dari konsep awal Zagato.


Secara mekanikal & mesin, SZ berbasis dari Alfa Romeo 75. SZ menggunakan mesin yang sama dengan 75, V6 3000cc (lebih tepatnya 2959 cc), namun dimodifikasi sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 210hp@6200rpm dan torsi sebesar 245nm@4500rpm.


Produksinya dilakukan Zagato di Terrazzano di Rho di dekat Pabrik Alfa Romeo, Arese. Penanaman Thermoplastik yang dipasang di bodi kompositnya dibuat oleh perusahaan Carplast Italia dan perusahaan Prancis, Stratime.


Suspensinya sendiri, mengambil dari Alfa Romeo 75 grup A/IMSA dan dimodifikasi oleh Giorgio Pianta, insinyur & manajer tim dari Lancia dan tim Fiat rally works. Sistem Hidrolik peredamnya sendiri dibuat oleh spesialis supensi balap, Koni.


SZ menggunakan ban Pirelli P Zero dengan ukuran 205/55 ZR 16 untuk depan, dan 225/50 ZR 16 di belakang, yang mampu menahan tekanan lebih dari 1.1 G di tikungan, bahkan beberapa pengemudi merasakan mampu menahan sampai 1.4 G, yang merupakan hasil yang cukup hebat!

Alfa Romeo RZ
SZ juga memiliki tipe konvertibel, yang diberi nama RZ (Roadster Zagato), yang diproduksi dari tahun 1992 sampai Desember 1994 secara terbatas, hanya 284 unit (direncanakan 350 unit), serta 1 unit berwarna hitam untuk desainernya, Andrea Zagato.

Alfa Romeo RZ
1036 SZ telah diproduksi oleh Alfa (awalnya hanya direncanakan dibuat 1000 unit), yang sekitar 100 unit diekspor ke Jepang. Hanya ada 5 yang berwarna tidak merah, yaitu 3 unit warna silver, 1 unit berwarna putih mutiara serta hitam milik Andrea Zagato seperti gambar diatas.


Pedal2theMetal rasa sportcar cukup langka, untuk mobil yang karena desain garangnya, dipanggil oleh para jurnalis sebagai “Il Mostro”, atau sang Monster!

Sumber Foto : Alfa Romeo SZ-RZ Flickr Pool

5 thoughts on “Alfa Romeo SZ & RZ, Coupe berotot dari Italia

  1. Pingback: Alfa Romeo TZ3, Lebih Ringan dari Elise, Lebih Seksi dari 8C « Pedal 2 the Metal

  2. Pingback: Alfa Romeo 4C Spider, Siap Menjengkang Boxster! « Pedal 2 the Metal

  3. Pingback: 10 Alasan Mengapa Saya Mesti Jatuh Cinta Dengan Alfa Romeo 4C « Pedal 2 the Metal

  4. Pingback: Autech Zagato Stelvio, Mobil Jepang Modis Rancangan Butik Italia « Pedal 2 the Metal Autoblog

  5. Pingback: Alfa Romeo Road to Goodwood 2012, The Tour Of Red Lucky Clover | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s