Lamborghini Miura P400 SV, Banteng Tua nan Mempesona


Miura Spinto Veloce (SV) adalah produk terakhir dari Lamborghini di era awal produksinya. Seperti Miura lainnya, SV memiliki spesifikasi yang eksotis & desain yang langsing, yang paling mendefinisikan image Lamborghini dibanding model lainnya


SV sendiri, dapat dibedakan dengan pendahulunya, dari tidak ditemukannya “maskara” di sekitar lampu utamanya, fender belakang yang lebih besar untuk menampung velg baru yang lebih lebar sekitar 9″ (230 mm) serta ban baru Pirelli Cinturato, dan lampu belakang yang lebih sportif


SV sendiri, menggunakan mesin V12 yang sama dengan Miura, namun menggunakan timing Camshaft yang berbeda & karburator baru, yang membuat tenaganya naik sekitar 15hp, menjadi 380hp, serta dipadukan transmisi manual 5-percepatan dengan rasio yang lebih rapat (close ratio)


Untuk mengurangi keliaran SV, Lamborghini menambahkan LSD (limited slip differential) yang membutuhkan saluran oli yang khusus. Ini membuat gearbox menjadi memiliki pelumasan khusus, yang terpisah dengan enjin, yang membuat pemilihan oli menjadi dapat berbeda antara gearbox dengan mesin


Klaim Lamborghini sendiri, meskipun dalam spesifikasinya mencatat 380hp dengan topspeed sekitar 180mph, faktanya Miura SV hanya mampu menghasilkan tenaga sekitar 350hp dan topspeed yang lebih rendah dari model biasanya,P400S karena menggunakan ban yang lebih besar


Pendapat dari Bob Wallace (Test Driver dari Lamborghini) sendiri : “Semua Miura dengan kondisi sehat sendiri, mampu berakselerasi 0-96km/h dalam 5,5 sampai 6 detik, dengan topspeed minimal adalah 170mph”


Interior dari SV sendiri, Pedal2theMetal rasa tidak terlalu berbeda jauh dengan P400, hanya penambahan emblem SV, serta ukuran setir yang lebih kecil, untuk menambah sensitif akan kontrol karena meningkatnya tenaga mesin


Wajah legendaris, yang membuat seorang Valentino Balboni mencatat rekor kecepatan di Lamborghini, yang mengantarkan namanya menjadi test driver Lamborghini terkenal


Sayangnya, krisis minyak & minimnya permintaan akan supercar, membuat usia Miura menjadi lebih cepat berakhir di tahun 1973, dengan 150 unit yang berhasil selesai dirakit


Lalu, pada waktu itu juga, konsentrasi riset Lamborghini juga lebih difokuskan kepada Countach yang pertama muncul di publik pada tahun 1971. Dan pada April 1972, Ferruccio Lamborghini menjual kemampuan kontrol akan Lamborghini, mungkin karena semua keinginan & mimpinya berhasil diwujudkan dari Miura


Total ada 148 Miura SV yang diproduksi, dengan 52-nya menggunakan pelumasan yang bergabung, dan sisanya menggunakan pelumasan yang terpisah untuk keawetan

8 thoughts on “Lamborghini Miura P400 SV, Banteng Tua nan Mempesona

  1. Pingback: Jay Kay, The [Real Insanity] Collection! « Pedal 2 the Metal

  2. Pingback: Lancia Stratos Zero 1970, Bibit Awal Desain Legendaris! « Pedal 2 the Metal

  3. Pingback: Alfa Romeo 33 Stradale, An Italian Sweetheart! « Pedal 2 the Metal

  4. Pingback: Saya Lebih Memilih Bugatti EB110 Dibanding Veyron « Pedal 2 the Metal Autoblog

    • Wah, Mas Iban teliti juga ya?

      Sebenarnya, tidak ada contek-menyontek kok…2 mobil ini sebenarnya memakai garis desain ala mobil balap era 60an, dikenal dengan nama “Kammback”

      http://en.wikipedia.org/wiki/Kammback

      Jadi wajar, dua desainer mobil itu (Eric Broadley dari Lola, desainer GT40 dan Marcello Gandini dari Bertone, desainer Miura) memakai garis desain yang sama. Kan dua mobil itu dibuat sebagai high-performance supercar😀

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s