BMW M1 March Grup 5, Monster Bavaria!


BMW M1 Grup 5, diciptakan oleh BMW & pembuat mobil balap terkenal dari Inggris, March, untuk dilombakan di kejuaraan Le Mans pada tahun 1979. Bagaimana kehebatan mobil ini? Ayo kita cari tahu!

BMW M1 Group 5
M1 Grup 5 dirancang dari sasis monokok spesial & body berbahan komposit. Selain March, Sauber juga membuat sasis khusus untuk M1, dengan dari sasis tabung dan body dari karbon fiber. Bobotnya sendiri lumayan ringan, yaitu sekitar 970kg.


Mesin yang dipakai, cukup keren, yaitu BMW M88 6300cc segaris berkekuatan 500hp@9000rpm, yang jamak dipakai tim balap BMW pada kelas Grup.4. Dengan mesin N/A dengan tenaga yang impresif, tentunya dibutuhkan exhaust yang sesuai, maka inilah hasilnya : Pedal2theMetal rasa lebih mirip senjata laras panjang daripada knalpot!


Interiornya sendiri sangat fungsional dan spartan, khas dari mobil balap. Ini terlihat dari minimnya indikator serta tuas-tuas elektronik, yang membuat M1 Grup 5 terlihat lebih “fun” daripada mobil balap kontemporer hari ini, yang karena terlalu sesak akan elektronik & indikator, membuat unsur “Fun to Drive” yang Pedal2theMetal rasa menjadi kurang atau bahkan hilang…


Sayangnya mobil ini gagal masuk dalam kualifikasi Le Mans dan pensiun pada tahun 1980. Meski begitu, dengan mobil ini, Hans Stuck dan Nelson Piquet mampu memenangkan kejuaraan Nürburgring 1000 Kilometres pada 24 Mei 24, 1981, hebat!


Memang, mobil balap memang harus cepat & kencang, namun mobil balap juga tetap harus menyenangkan & menegangkan, karena esensi dari balapan sejati adalah : Berpacunya adrenalin, mengendarai mobil mencapai batas maksimum, dengan mengerahkan seluruh kemampuan dari tubuh & otak pembalap!

One thought on “BMW M1 March Grup 5, Monster Bavaria!

  1. Pingback: Alfa Romeo Corse 164 ProCar, The Sleeping Giant « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s