Lancia ECV2, Monster Rally (Kecil) dari Italia

Lancia ECV2
Sportscar Lancia? Hmmm, coba kita absen dari yang terkenal : Delta, 037, Monte Carlo, Stratos…Apakah hanya itu saja? Bagaimana dengan ECV? ECV? Apakah itu? Terdengar seperti nama baterai…

Lancia ECV2
Bukan…ECV adalah kepanjangan dari “Experimental Composite Vehicle,” atau kendaraan eksperimen berbahan komposit, yang merupakan kendaraan prototip untuk kejuaraan rally Grup.S dari Lancia untuk menggantikan Lancia Delta S4 di kompetisi World Rally Championship musim 1988.

Lancia ECV2
Didesain oleh Sergio Limone dari konstruktor mobil balap legendaris italia, Abarth Vehicle, ECV2 adalah konsep terbaru untuk kebutuhan rally Lancia, yang direncankan mampu menggantikan konsep ECV1 yang berbasis dari Delta S4.

Lancia ECV2
Banyak inovasi yang dicekoki dalam tubuh ECV oleh Abarth, misalnya mesin 4 silinder revolusioner bernama “Triflux” yang meski berkapasitas hanya 1759cc, namun berkat dilengkapi turbocharger ganda K.K.K. K26 dengan tekanan 2.2 bar, ECV2 siap memuntahkan tenaga sebesar 600hp@8000rpm!

Lancia ECV2
Mengapa diberi nama “Triflux“? Itu adalah Inovasi Lancia dengan memasang 3 manifold untuk memberikan suplai pada setiap katupnya yang dipasang menyilang pada kedua turbochargernya, sehingga tentu saja menghasilkan ledakan tenaga yang lebih besar & efisien.

Lancia ECV2
Sayangnya, peraturan dari Grup.S membatasi tenaga mesin yang dilengkapi diferensial Epicyclic serta transmisi 5-percepatan ini menjadi cuma 300hp demi keamanan akibat sebelumnya sering terjadi kecelakaan di Grup.B…

Lancia ECV2
Salah satu kelebihan lain dari ECV2 adalah material body & sasisnya, yaitu kombinasi dari kevlar dan serat karbon komposit untuk mengurangi bobot & menambah kekokohan, yang menjadi tujuan Lancia dalam dalam proyek ECV.

Lancia ECV2
Berat maksimalnya? Hanya 930kg! A lethal rally weapon huh?

Lancia ECV2
Ada keunikan lain ECV2 ; Meski memiliki basis baru, kabin yang dipakai rupanya menelan mentah-mentah dari Delta S4, yang terlihat dari dashboard, setir double-spoke & indikator Abarth. Yah, pengemudinya juga tidak akan peduli, karena harus berkonsentrasi mengendalikan mobil dengan akselerasi 0-200km/h hanya 9 detik ini!

Lancia ECV2
Ukuran yang kompak dengan figur 3,6m x 1,8m x 1,5m, bobot ringan & kuat, serta mesin kompak yang ganas, tentu saja ECV2 sudah siap untuk meneruskan dominasi Delta S4 untuk menghajar saingan terdekatnya, Toyota MR2 222D, yang untuk nama terakhir, akan ditulis P2tM nanti.

Lancia ECV2
Sayangnya, kejuaraan rally Grup.B dan juga Grup.S akhirnya dilarang & diberhentikan oleh FIA di tahun 1986 karena masalah keamanan, membuat ECV tidak pernah mencicipi satu lap sekalipun. Lancia selanjutnya merancang & memproduksi Lancia Delta Grup A yang kita tahu, sangat sukses di arena rally.

Lancia ECV2
Meskipun tidak jadi menunjukan taringnya, ECV2 serta ECV1 tidak bernasib terlalu buruk seperti saingan-saingannya, karena sang pemiliknya saat itu, Giuseppe Volta, merakit ulang & memakai parts-parts Lancia terbaru yang dilakukan oleh Ing. Claudio Lombardi & Claudio Berri dari Lancia Sports.

Lancia ECV2
Tidak hanya dibangun ulang, Volta juga rutin mengemudikan koleksi berharganya ini dalam eksibisi rally, seperti kemarin di even “Rally-Legend” pada 7-8-9 Oktober 2010 di San-Marino. ECV2 sendiri sekarang bersarang di museum Lancia Collection di Torino, Italia.

Lancia ECV2
Yah, semoga nanti FIA mempertimbangkan untuk menghidupkan kelas Grup.B & S, agar generasi-generasi modern dapat merasakan lagi bagaimana kenekatan & keberanian para perally menaklukan trek & monster-monster yang kita tahu, lebih liar untuk ditaklukan dibandingkan banteng liar!

Sumber : ECV

2 thoughts on “Lancia ECV2, Monster Rally (Kecil) dari Italia

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s