Mercedes Benz GWA Ciento Once, C111 Modern?


Mercedes dulu pernah membuat sebuah mobil konsep fenomenal dengan enjin Rotary Wankel di tahun 1970, C111. Selain fenomenal, C111 juga merehkan sejarah sebagai mobil tercepat di dunia, dengan enjin diesel!


Sayangnya, sekarang nama C111 sudah dilupakan orang, selain sudah banyak mobil yang lebih kencang & inovatif, juga C111 dianggap sebagai “Gullwing kedua” setelah 300SL. Namun, GWA, berencana memproduksi dan menjual 1 unit (ya, hanya 1 unit!) C111 modern, yang diberi nama Ciento Once


Dibalik aluminum body buatan tangan, Ciento Once menggunakan sasis tubular space-frame yang ringan & memiliki konstruksi yang kuat

Mercedes Benz GWA Ciento Once
Untuk sumber tenaga, Ciento Once tidak lagi sama dengan C111 prototip yang menggunakan enjin Wankel empat-rotor —atau mesin 5 silinder turbodiesel segaris—melainkan akan memakai enjin M120 Mercedes V12 bertenaga 408hp, yang akan terlihat dari dek belakang yang transparan. dengan konfigurasi Transaxle, GWA akan memasang transmisi enam percepatan Cima H, seperti Pagani dan Koenigsegg


Secara dimensi, Ciento Once ( yang berarti “111” dalam Spanyol) sedikit berbeda dengan C111, dengan sumbu roda yang lebih pendek, suspensi modern dengan coil-over yang dapat diatur serta rem dari S55 AMG. Ini karena tenaga dari Ciento Once sendiri yang lebih besar & harus terkontrol

Mercedes Benz GWA Ciento Once
Menambah kemampuan di sisi aerodinamika, Ciento Once dipasang Spoiler Wing adjustable yang dapat diatur secara elektronis, serta diffuser belakang..

Mercedes Benz GWA Ciento Once
..Dan spoiler dengan intake udara besar didepan demi memaksimalkan aerodinamika Ciento Once, yang berbasis dari C111 yang merupakan mobil paling aerodinamis di zamannya


Untuk velg, GWA memasang perangkat ala SLS, seperti velg 19″ GWA Type As didepan dan 20″ dibelakang, dengan ukuran ban 265/35/19 dan 295/30/20, desainnya sendiri bisa dibilang retro modern, dengan desain five spokes concave, sangat retro!

Mercedes-Benz Ciento Once
Di interiornya, GWA dengan teliti memasang jok berbahan karbon fiber tanpa finishing, dan untuk detail desainnya, mengingatkan saya akan Mercedes W120R “Ponton”. Ini berkat pemakaian aluminum yang dihaluskan yang memantulkan cahaya, baik dari panel-panel dashboard, sampai pedal, door sills dan tentu saja, radio dan kontrol AC-nya! Retro, namun masih terasa modern, karena masifnya penggunaan karbon fiber yang memberi kesan sportif


Ditilik dari hasil akhir GWA, yang memperlihatkan kecintaaan atas bos GWA, Arturo Alonso terhadap C111, tentunya harga Ciento Once tida mungkin murah, apalagi hanya diproduksi 1, namun tentu saja…ke-eksklusifitas & prestise serta perasaan nostalgia yang dimiliki Ciento Once sulit diukur dengan uang…bahkan jika dibandingkan dengan Bugatti Veyron sekalipun!

Sumber : GWA-Tuning

2 thoughts on “Mercedes Benz GWA Ciento Once, C111 Modern?

  1. Pingback: Mercedes Benz C111D : Efisiensi dari Diesel « Pedal 2 the Metal

  2. Pingback: GWA E63 Wagon, Jika Belum Ada, Buat! « Pedal 2 the Metal

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s