Hyundai Veloster 2012, Idola Baru Anak Muda

Hyundai Veloster 2012
Sewaktu Pedal2theMetal membaca spek teknis dari Hyundai Veloster, saya membandingkannya dengan Honda CR-Z, calon saingannya nanti kelak jika Veloster akan diproduksi. Soalnya, desain Hatchback 3 pintu & konfigurasi mesinnya (yang meski tidak Hybrid) rendah emisi & gesit, sangat terlihat bahwa Hyundai mengincar CR-Z.

Hyundai Veloster 2012
Namun secara spek, Veloster lebih unggul. Dengan transmisi Kopling Ganda 6-percepatan, power-to-weight yang lebih baik, serta konsumsi bahan bakar yang irit (40mpg), Veloster punya kans menjadi idola remaja!

Hyundai Veloster 2012
Hyundai Veloster yang rencananya akan diproduksi tahun 2012 ini, adalah hatchback dengan penggerak FWD, yang menawarkan 3 pintu yang ganjil (satu untuk sisi pengemudi, dua untuk sisi penumpang) dan satu pintu angkat, serta wajah agresif yang “korporat”

Hyundai Veloster 2012
Kenapa? Karena meskipun terlihat sporty, Veloster menurut Pedal2theMetal terinspirasi dari front-end Sonata i40 Wagon, serta….bagian belakang yang mirip helm motor!

Hyundai Veloster 2012
Desain yang dinamis & agresif, kurang afdol jika masih mengandalkan mesin yang biasa-biasa saja, maka Hyundai memasang enjin 1600cc direct-injection “Gamma” 4-silinder dengan dual continuously variable valve timing (D-CVVT), menawarkan tenaga maksimum 138hp dan torsi 123 lb-ft. Angka yang relatif bagus untuk mesin dengan kapasitas hanya 1600cc!

Hyundai Veloster 2012
Meski tidak se-powerful Scion tC (yang berkekuatan 180hp), Hyundai memiliki kelebihan di sisi berat, 1250kg berbanding 1520kg — lebih ringan 500kg lebih!. Bahkan sewaktu press conference, CEO Hyundai USA John Krafcik berkata “Terkadang aku merasa, bahwa Colin Chapman (nama dibalik Lotus) akan bangga (dengan bobot Veloster)”

Hyundai Veloster 2012
Meskipun Veloster belum diproduksi, namun saya nilai, Veloster lebih baik dibanding CR-Z, karena keiritan, bertenaga lebih besar, lebih ringan, transmisi yang lebih bagus, dan secara estetis lebih ekletik & atraktif

Hyundai Veloster 2012
Jika jadi diproduksi, Veloster tidak hanya bisa menghajar CR-Z & Scion tC, namun juga Mini Cooper, karena lebih menawarkan tenaga & kepraktisan jika dibanding Cooper 3-pintu, namun tidak sekuat Clubman. Veloster sendiri akan mulai diproduksi musim panas ini dengan harga berkisar antara $17,000 sampai $18,000…Benar-benar (calon) idola remaja!

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s