Anime, Manga & Komik Bertema Otomotif Favorit Pedal2theMetal!

Miata Capeta
Apakah anda suka membaca komik atau menonton anime dari Jepang? Pasti suka dong! Dan karena kita adalah penyuka otomotif, tentu nama-nama seperti Inital D, Wangan Midnight & Over Rev! pasti muncul dalam benak kita. Lagipula, siapa sih yang tidak terpesona melihat aksi heroik Takumi bersama Hachiroku, atau Akio Asakura bersama Devil Z miliknya?

Namun, masih banyak lho anime & manga dengan tema otomotif yang bagus selain 2 nama diatas. Inilah beberapa komik & anime favorit Pedal2theMetal, yang juga tak kalah menarik, dan memiliki banyak edukasi & pengetahuan soal otomotif, serta mengajarkan kita untuk mencintai mobil.

Capeta / カペタ
Capeta
Pengarang : Masahito Soda
Siapa Pahlawannya? : Kappeita Taira
Fokus Cerita : Perjuangan seorang pembalap pemula mendaki karir menuju Formula 1!
Keterangan : Komik yang sangat positif, dengan kisah seorang anak dari keluarga miskin yang akrab dipanggil Capeta. Di Indonesia, kalau tidak salah diterbitkan oleh Elex Media. Pedal2theMetal sendiri mengikuti kisahnya via Anime. Dan kisahnya benar-benar top, mirip kisah Kamui Kobayashi!
Kenapa dipilih Pedal2theMetal? : Kisahnya klise seperti komik olahraga Jepang lainnya. Namun khusus untuk Capeta, para fans otomotif pasti akan tertarik, karena banyak memberikan pengetahuan soal balap. Mulai dari aerodinamika, racing line, sampai cara-cara meniti karir balap profesional. Mantap!

Full Spec / フルスペック
Full Spec Manga
Pengarang : Taro Sekiguchi
Siapa Pahlawannya? : Arata, Chinta & Bunyan
Fokus Cerita : 3 orang remaja dengan cita-cita menjadi yang tercepat…Bersama MX-5!
Keterangan : Komik paten ini, menceritakan kisah tiga remaja yang dipanggil “Blue Three“, yaitu Arata sang pembalap, Chinta sang desainer & konstruktor, serta Bunyan sang mekanik, yang sejak usia 7 tahun ingin membuat mobil balap. Berbekal sebuah Mazda MX-5 Roadster NA8C, apakah mereka bisa menggapai cita-cita mereka?
Kenapa dipilih Pedal2theMetal? : Jangan pernah remehkan kekuatan mimpi sekelompok remaja! Biarpun masih muda & berbekal mobil yang dianggap tidak kuat, Blue Three mampu membuat Eunos Roadster biru mereka menjadi raja jalanan, mulai dari trek aspal sampai rally! Coba deh cari komik yang juga dicetak di Indonesia oleh M & C ini, sangat direkomendasikan oleh Pedal2theMetal!

Donten Prism Solar Car / 彼女のカレラ
Donten Prism Solar Car
Pengarang : Yasuo Ōtagaki
Siapa Pahlawannya? : Shota Kaneda Shota & Junko Yazaki
Fokus Cerita : Berjuang membuat & memenangkan perlombaan mobil bertenaga surya.
Keterangan : Manga ini sangatlah mengagumkan untuk dibaca. Berkisah soal seorang pemuda karyawan bengkel las, yang menjadi anak yatim karena kecelakaan mobil. Konyolnya, demi impiannya yaitu kuliah, ia harus membantu sekumpulan mahasiswa untuk membuat mobil balap bertenaga surya, padahal Shota trauma akan mengendarai mobil!
Kenapa dipilih Pedal2theMetal? : Banyak kisah-kisah sedih & mengharukan menyertai Shota dan kawan-kawannya membuat mobil untuk di balapkan dalam kompetisi mobil bertenaga surya di sirkuit Suzuka ini. Meski begitu, kita akan tahu, bahwa dengan memiliki impian, kita akan mampu melakukan apapun, sekalipun itu menyayat hati kita!

My Favorite Carrera / 彼女のカレラ
My Favorite Carrera
Pengarang : Kia Asamiya
Siapa Pahlawannya? : Reina
Fokus Cerita : Menyelami gaya hidup pemilik supercar eksotis!
Keterangan : Berbeda dengan komik lainnya yang bertema balapan, Kanojo no Karera lebih fokus tentang bagaimana kita belajar mencintai mobil. Kisahnya cukup absurd, yaitu seorang wanita berusia 22 tahun, yang mendapat warisan sebuah Porsche 911 (964) berwarna Ruby Red dari almarhum ayahnya. Banyak kisah lucu, mulai dari belajar mengemudi supercar, ngebut, sejarah Porsche, merawat mobil, sampai bersaing melawan wanita maniak Ferrari. Konyol!
Kenapa dipilih Pedal2theMetal? : Menarik melihat kisah Reina yang bekerja sebagai editor komik, yang sebelumnya tidak pernah memiliki mobil sport. Kita akan tahu sendiri mengapa banyak orang tergila-gila akan Porsche setelah membaca komik ini. Oh iya, komik ini sendiri memiliki banyak gambar “dewasa”, jadi jangan biarkan anak dibawah umur membacanya ya!

Restore Garage 251 / レストアガレージ251
Restore Garage 251
Pengarang : Ryuji Tsugihara
Siapa Pahlawannya? : Satomi Yumejirou & Tetsuya “Tetsu” Ichinose
Fokus Cerita : Restorasi mobil pelanggan, beserta kisah hidup sang pemiliknya!
Keterangan : Merestorasi mobil itu sulit namun menyenangkan. Itulah fokus cerita komik ini. Banyak kisah seru & konyol meliputi keseharian sang pemilik bengkel, Yumejiro & cucunya, Tetsu dalam mewujudkan memori & kisah masa lalu yang ingin diraih kembali atau kenangan yang tak terlupakan kepada sang pemilik mobilnya.
Kenapa dipilih Pedal2theMetal? : Fans JDM Legends, harus membaca komik ini! Banyak pengetahuan soal spesifikasi mobil & bagaimana merestorasinya, semua terkandung dalam komik yang juga dicetak oleh Level Comic ini. Dari komik ini kita akan tahu, bagaimana dampak dari restorasi mobil kepada sang pemiliknya, yang ternyata membuktikan kalau mobil itu bukan sekadar alat transportasi, namun juga mampu membuat & menyimpan banyak memori tak terlupakan!

Yoroshiku Mechadoc / よろしくメカドック
Yoroshiku Mechadoc
Pengarang : Ryuji Hara
Siapa Pahlawannya? : Jun Kazami
Fokus Cerita : Mekanik sekaligus pembalap, yang bersaing melawan tuner-tuner lain, dalam berbagai kompetisi, mulai dari Cannonball Run, Drag race, sampai di sirkuit Tsukuba!
Keterangan : Jika para pemilik AE86 & S30Z menjadikan Initial D & Wangan Midnight sebagai acuan & idola, maka para pemilik Celica XX / Supra GA61 menjadikan komik ini sebagai panutan mereka. Menceritakan kisah mekanik di MD / Mechadoc (Mechanical Doctor) Yokohama bersama mobilnya untuk bersaing melawan mobil-mobil lain, mulai dari S30Z sampai Mazda RX-7 SA.
Kenapa dipilih Pedal2theMetal? : Sama seperti Restore Garage 251, Yoroshiku Mechadoc juga dipenuhi oleh mobil-mobil JDM legendaris. Gambarnya memang terlihat tidak serealistis komik lain, namun menarik untuk diikuti kok! Ada juga metode-metode modifikasi yang memperlihatkan kita, betapa hebatnya pekerjaan mekanik, yang mampu menyulap mobil biasa menjadi luar biasa!

Countach / カウンタック
Countach Manga
Pengarang : Haruto Umezawa
Siapa Pahlawannya? : Shun Sorayama
Fokus Cerita : Seorang pekerja kantoran biasa, yang berusaha mewujudkan mimpinya.
Keterangan : Awalnya terlihat tidak seperti manga bertema otomotif : Seorang lelaki diputuskan pacarnya, yang memilih untuk kabur bersama lelaki kaya dengan Ferrari. Setelah frustasi, Shun mendapat surat dari 25 tahun yang lalu akan impiannya di masa kecil : Jadi orang kaya & punya Lamborghini! Apakah ia sanggup mewujudkan impiannya?
Kenapa dipilih Pedal2theMetal? : Jangan kaget kalau manga ini penuh kisah lucu, karena dikarang oleh mangaka konyol, Haruto Umezawa, yang juga membuat manga Hareluya Boy & Bremen. Kisahnya sangat inspiratif, yang membuktikan kalau tidak mustahil bagi orang “biasa” memiliki sebuah Lamborghini (meski cara ia mendapatkan Countach ini sangat mustahil!)

Factory Z / ファクトリーZ
Factory Z Manga
Pengarang : Shigeo Makino & Naotsugu Matsuda
Siapa Pahlawannya? : Rei Nagumo & Daisuke Kurama
Fokus Cerita : Kumpulan fotografer, yang memburu banyak mobil konsep untuk dijadikan spy shoots bagi banyak media.
Keterangan : Factory Z adalah grup fotografer otomotif, yang siap berkeliling dunia untuk mengambil foto-foto mobil-mobil konsep yang dites rahasia oleh pabrikan. Dan Factory Z siap mengambil gambar itu, meski harus meregangkan nyawa demi mendapatkannya!
Kenapa dipilih Pedal2theMetal? : Jarang komik mengulas soal fotografi, apalagi bertema otomotif. Factory Z yang juga pernah dicetak di Indonesia ini, membuat kita tahu, bagaimana sulitnya bekerja menjadi fotografer spy-shoots, yang membuat publik tahu mobil apa nanti yang akan diluncurkan.

éX-Driver / エクスドライバ
Ex-Driver Manga
Pengarang : Kōsuke Fujishima
Siapa Pahlawannya? : Lorna Endou, Lisa Sakakino & Sōichi Sugano
Fokus Cerita : Kumpulan pengemudi berbakat, mencoba menyelamatkan dunia dari…Mobil automatis?
Keterangan : Akan ada masa dimana kita tidak perlu lagi mengendarai mobil, karena komputer akan menjadi supir kita. Namun, bagaimana jika terjadi kekacauan? éX-Driver akan mengatasinya! Komik & anime éX-Driver, akan menceritakan sepak-terjang tim éX-Driver di Jepang, dalam mengatasi masalah dari mobil-mobil A.I (Intelejensi Artifisial) itu.
Kenapa dipilih Pedal2theMetal? : Komik ini mengingatkan kita, kalau segala sesuatu yang otomatis itu bisa berbahaya, terutama dalam hal mengemudikan mobil. Lagipula, jika mengemudi mobil itu otomatis, bagaimana kita bisa menikmati kegiatan berkendara? Bukankah kenikmatan terbaik dari mobil itu adalah dengan mengendarainya?

Michel Vaillant
Michel Vaillant
Pengarang : Jean & Phillipe Graton
Siapa Pahlawannya? : Michel Vaillant
Fokus Cerita : Seorang pembalap dari Prancis & tim keluarganya, Vaillante, yang berusaha menjadi yang tercepat di semua kategori motorsport, mulai dari Formula 1, Rally sampai Le Mans!
Keterangan : Inilah komik paling legendaris yang bertema otomotif! Jean Graton membuat komik ini sangat realistik, dan membuat kita ikut tegang dalam mengikuti kisah Vaillant & keluarganya dalam mengikuti balap. Dipenuhi kisah & intrik, dan juga sejarah-sejarah otomotif.
Kenapa dipilih Pedal2theMetal? : Mengapa komik yang terakhir paling dijagokan oleh Pedal2theMetal malah yang bukan dari Jepang? Ini karena Vaillant merupakan komik yang spektakuler, sangat detail & realisitis, serta membuat dampak yang sangat membekas bagi pembacanya. Banyak pembalap, terutama yang berasal dari Eropa, terinspirasi menjadi pembalap dari komik ini. Komik ini dulu pernah dicetak oleh penerbit legendaris, Indira, jadi kita bisa mencarinya di pasar-pasar buku bekas. Oh iya, Vaillant juga pernah diangkat ke film layar lebar lho!

Itulah beberapa komik & anime yang menurut Pedal2theMetal sangat menarik & inspiratif untuk dibaca. Sebenarnya masih banyak judul lain, serta dibuat oleh penulis berbagai negara, namun Pedal2theMetal belum pernah membacanya secara detail, jadi ya belum Pedal2theMetal ulas…Mungkin lain kali akan ditambah!

Nah, apakah anda juga pernah membaca komik & anime bertema otomotif lain? Apa kesan yang anda dapatkan? Atau ada judul-judul lain yang menurut anda juga menarik untuk dibaca? Tulis saja di pojok komentar ya!

About these ads

18 thoughts on “Anime, Manga & Komik Bertema Otomotif Favorit Pedal2theMetal!

  1. ane terakhir baca cuma My Favourite Bike jilid 1-3, sebelumnya sempat mau baca Restore Garage tapi uda puyeng duluan gara2 waktu itu kurang suka mobil-mobil tua.. sekarang mau baca lg tp gtau tu komik uda pada kemana :lol:

    • Restore Garage 251 memang gak terlalu banyak aksinya….Meski nanti ada balap-balapnya, meski ya jadul-jadulan :lol:

      Lagi berburu Michel Vaillant nih, sayang harganya sekarang cukup nendang, 60 ribu….Fuck, padahal dulu 500 perak aja gak nyampe :mad:

  2. heheh ada juga yang ngulik ini ;) yang pernah sy baca ya factory z, over rev (kurang tuh om), restore garage, my fav carrera, Ex-Driver, full spec dan terakhir mas-mas dari vaillante (ini sih semuanya) :lol: . kalo gak salah pengarang over rev bikin komik baru tentang motor judulnya 72 Origin tapi datanya masih dikit.

    gak coba nyari michel vaillant terbitan elex mas bro? 30 ribu juga dapet kok.
    ngomong2 ada capeta versi elex ya? :-?

    • Michel Vaillant versi Elex, cocok untuk melengkapi koleksi, sayang penggunaan ejaannya sudah modern, saya cari yang vintage :)

      *Indira juga 30rbu dapet, bahkan 5 ribu..cuman ya berburu di pasar loak atau shoping centre :D

      Over Rev, sepertinya sudah semua orang baca ya? Pengarangnya memang doyan motor….dari My Fav Bike sampai 72 series, karya dia….malah menurut saya lebih bagus menulis soal motor dibanding mobil…

      Banyak sih komik otomotif, saya lagi ngincer Shakotan Boogie & Top Speed Underground. Kalau Shakotan Boogie karena saya senang sama gaya Michiharu Kusunoki (low & fat ftw!), kalau yang ke-2 karena bertema balap liar tapi non-Jepang :lol:

  3. Pingback: Game, Nostalgia, Dan Rasa Cinta. List Game Racing Favorit P2tM! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. kelewat tuh manga2 diatas, baru kebaca manga versi roda2nya kek Trafficker n My favorite bike. mantab, by manga aj kita dpt pengetahuan real ttg motr..
    mangaka g asal nggarap, great job.

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s