Suzuki Sport Hayabusa Prototype, The Banana Falcon

Suzuki Hayabusa Prototype
Suzuki GSX1300R Hayabusa, merupakan salah satu motor terkencang di dunia. Mesin berkapasitas 1300cc serta desain membulat yang aerodinamis, membuat motor yang dibuat untuk membantai Honda CBR1100XX Super Blackbird ini, memang sangat legendaris, terutama karena kecepatannya yang bisa mencapai 300km/h lebih!

Nah, bagaimana jika mesin super itu diaplikasikan ke mobil? Pasti sangat badass!

Westfield Megabusa
Sebenarnya, penggunaan mesin Hayabusa dalam mobil, bukanlah hal yang aneh. Salah satu yang Pedal2theMetal rasa contoh-contoh awal dari eksperimen itu adalah Westfield Megabusa. Mobil Kit-Car berbasis Lotus 7 ini memang cukup menggebrak disaat peluncurannya (2000), karena memiliki performa yang brutal & murni!

Formula Hayabusa Prototype
Westfield Megabusa juga menjadi inspirasi bagi pihak Suzuki sendiri, untuk menggabungkan sasis mobil yang ringan & mesin Hayabusa. Terciptalah 2 mobil konsep, yang pertama adalah Suzuki GSX-R/4, roadster konsep canggih dengan suspensi pushrod, dan Formula Hayabusa, single seater yang menjadi basis untuk Suzuki Sport HS-P (Hayabusa Prototype) ini.

Suzuki Hayabusa Prototype
Diperkenalkan pada Tokyo Auto Salon & Auto Asia 2002, publik terkejut akan desain Suzuki Sport yang dijuluki sebagai “Ultimate light weight sport car”. Ukurannya sendiri cukup kompak, hanya 3,8m. Namun soal desain, Pedal2theMetal jujur saja, mobil yang memakai pintu gullwing ini sangat mirip dengan TVR Tuscan Speed 6 yang diperkenalkan pada tahun 1999. Bandingkan, mirip kan?

Suzuki Hayabusa Prototype
Suzuki Sport berencana membuat HS-P menjadi mobil yang sangat ringan, distribusi bobot yang seimbang, dan handling yang sensitif, agar mirip dengan motor. Untuk itulah, Suzuki Sport membuat sasis space-frame dari pipa baja & panel-panel dari alumunium. Mesin Hayabusa sendiri dipasang di depan, dan sedikit menjorok ke tengah (front midship), agar distribusi bobot menjadi 50:50.

Suzuki Hayabusa Prototype
Agar tetap beraroma motor Suzuki, Suzuki Sport memakai banyak parts SGP (Suzuki Genuine Parts) cabutan dari berbagai macam mobil & motor Suzuki, kecuali diferensial & suspensi double wishbone. Di gambar diatas, kita bisa melihat posisi knalpot yang melewati di samping rangka, agar mendapat pusat gravitasi yang rendah.

Suzuki Hayabusa Prototype
Suzuki Sport tidak main-main untuk urusan aerodinamika. Body berbahan campuran FRP & serat karbon yang memiliki ekor yang naik ini (ducktail), dirancang melalui serangkaian pengetesan yang memakai fasilitas terowongan angin. Sasis mobil yang memiliki koefisien drag 0.29 ini sendiri dibuat rata agar mendapat efek daya tekan yang maksimal.

Suzuki Hayabusa Prototype
Bicara soal mesin, Suzuki Sport tidak banyak bermain-main dengan mesin W701 4 silinder segaris dari Hayabusa. Tenaganya masih tetap, yaitu 172,6hp/9800rpm dan torsi 138nm/7000rpm. Tenaga itu disalurkan via transmisi sequential 6-percepatan menuju velg forged berukuran 17-7.5J(+42) yang dibalut ban Silverstone FTZ berukuran 215/45ZR17.

Suzuki Hayabusa Prototype
Untuk kabin mobil yang memiliki kapasitas tangki 40 liter ini, Suzuki Sport menekankan unsur ergonomitas. Terlihat dari pemasangan jok bucket seat, setir (yang sepertinya Nardi) yang tidak dilengkapi power-steering agar kemudi lebih presisi, serta tuas transmisi yang mengarah ke pengemudi. Simpel, namun menambah fokus pengemudi.

Suzuki Hayabusa Prototype
Yah, seperti Pedal2theMetal lihat di mobil konsep seperti Suzuki GSX-R/4, HS-P tidak diproduksi untuk umum, namun hanya untuk media unjuk teknologi Suzuki, dalam menggabungkan mesin motor & sasis mobil. Padahal, Pedal2theMetal lihat ide itu, cukup sukses di-implementasikan oleh Radical & Westfield, yang menjual cukup banyak mobil kit bermesin Hayabusa!

Oh iya, tunggu saja tulisan Pedal2theMetal soal mobil Suzuki lain yang memakai mesin Hayabusa, yang kali ini sudah terbukti di jalan raya, dan tentu saja…Sangat badass!

Sumber : Suzuki Sport

About these ads

23 thoughts on “Suzuki Sport Hayabusa Prototype, The Banana Falcon

  1. oalahh.. pantesan dejavu… tuscan rupanya.. :mrgreen:

    coba di bore up dan di usahakan PWR.nya mendekati hayabusa…. top speed 280kpj aja deh, tp akselerasi 0-100 sekitar 3 detik… supercar eropa bisa diacak2 ni pisang kecil :twisted:

  2. Pingback: Jimenez Novia W16, Le Diable Rouge « Pedal 2 the Metal Autoblog

  3. Pingback: Wayne Schofield Suzuki Cappuccino Hayabusa Power, The Killer Coffee! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. Tulisannya SIMPLE tapi TEHNICAL dan KEREN ABIS !!!!

    Kebetulan kami juga sedang membuat Mobil Mazda MR dengan menggunakan mesin HAYABUSA tuned by HOLESHOT RACING, dengan hasil DYNOTEST on Wheel di Chasis motor dengan 210HP@10.500.

    Project SPORTKU MAZDA-HAYABUSA # 2a – Pemasangan Mounting Mesin – http://goo.gl/UqZnp

    Semoga juga bisa memberikan input dan tentunya IKUT MENCOBA pada saat test drive.

    Salam..

    redaksi@sportku.com

    • Wah. makasih Mas Satria….

      Ya, nanti mungkin saya bisa ikut mendokumentasikan proyek Baby Boomer + Busa-nya, looks exciting!

      Boleh tahu, proyeknya dikerjakan dimana? Mungkin bisa datang & melihat, syukur-syukur ikut jajal :)

      • Mas.

        Project MAZDA-BUSA dikerjakan di bengke Doni Satrio aka. Doni Jawir aka. DONSA Garage di bilangan BSD.

        Doni banyak menangani Nissan S buat Drifter2 seperti Adwitya Amandio, Mico Mahaputera, Valentino, dll..

        BTW, saya (SPORTKU.com) dan RIFAT SUNGKAR mengadakan NGABUBU-DRIFT – Open Drift Practice tanggal 4 Agustus ini di JIEXPO Parkir Barat, KEMAYORAN.

        Kali saja mas mau mengulas beberapa mobil drifting dan juga tentunya MENCOBA menjadi penumpang bersama drifter2 muda kita ataupun mau mencoba nyetir ????

        email saya di andhi[at]sdm-tv.com

        Datang dong mas, mungkin mas bisa kasih detial contactnya lewat email, nanti saya reply dengan HP dan PIN saya.

        Salam….

        -A-

          • Mas,
            email insaya no HP mas. nanti saya hubungi
            kebetulan event ini saya yang organize bersama rifat sungkar.

            UPDATE : ‘Ngabubu-Drift’ Open Drift Practice, 4 Agustus Di JIEXPO > http://goo.gl/kEcty

            Kalau mas dan teman2 mau nyoba in-car bersama top drifter, nanti akan saya aturkan tempatnya…, ada perkiraan jam mas mau datang ?

            Ikutan buka puasa bareng ya mas…

            -Andhi-

  5. Pingback: Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.3 | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s