10 Sirkuit & Trek Balapan Mobil Paling Berbahaya Di Dunia

Enzo Flying

“There are only three sports : bullfighting, motor racing, and mountaineering; all the rest are merely games.”
Ernest Hemingway

Sejak dahulu, kegiatan motorsport selalu identik dengan bahaya, kecelakaan & kematian. Memang, masih banyak olahraga lain yang lebih berbahaya, namun apakah semua orang mampu mengendalikan sebuah benda dengan 4 roda, berkecepatan sangat tinggi, saling beradu taktik & skill di sirkuit yang siap menelan korban jika pembalap tidak siap?

Kali ini, Pedal2theMetal akan membuat list 10 sirkuit & trek balapan mobil yang paling berbahaya di dunia. Mengapa membuat list trek yang berbahaya? Tentu saja, karena semakin berbahaya trek itu, makin badass-lah juara-nya, karena berani menaklukan trek itu!

Enjoy!

10.) Mille Miglia
Mille miglia
Keterangan : Setelah kecelakaan hebat di Paris – Madrid Endurance di tahun 1903, munculah kejuaraan ketahanan baru pada tahun 1927, yaitu touring Mille Miglia, yang dimulai dari Brescia sampai Roma. Merupakan ajang unjuk gigi para produsen mobil sport, dengan membuat mobil-mobil berkekuatan besar yang tentu saja…Sangat berbahaya namun menarik untuk disaksikan!

Kecelakaan paling terkenal : Mille Miglia rutin akan tabrakan & kecelakaan, sampai-sampai Benito Mussolini sendiri pernah menutup sementara lomba ini pada tahun 1938. Namun yang paling dahsyat adalah di tahun 1957, dimana mobil Ferrari yang dikemudikan Alfonso de Portago mengalami ledakan ban di tikungan, yang membuat mobil ini melayang menuju penonton, dan langsung 12 orang meninggal! Untungnya, 25 tahun kemudian, lomba ini kembali diselenggarakan, namun dibuat untuk lebih aman bagi pembalap & penonton.

09.) Baja 1000

Keterangan : Kejuaraan off-road legendaris yang diselenggarakan di semenanjung Baja California, Meksiko ini, adalah salah satu lomba off-road mobil & motor yang paling badass di dunia! Mengapa? Ini karena bagian dari salah satu lomba yang juga memiliki “saudara” lain seperti Baja 500, San Felipe 250 dan Primm 300 ini dikenal dengan banyak kejadian sabotase & pemasangan jebakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung-jawab, bahkan terjadi tindak kriminal seperti penculikan & penembakan!

Kecelakaan paling terkenal : Sudah diberitakan 25 orang meninggal pada lomba yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1962 ini, namun ada kejadian yang cukup gila : Sebuah helikopter jatuh disekitar trek, menewaskan banyak orang, salah satunya adalah kartel narkoba papan atas Meksiko. Selanjutnya? Terjadi aksi penembakan oleh sekelompok bersenjata, yang mencuri beberapa mayat, serta membantai 2 polisi. Sadis!

08.) Targa Florio
Targa Florio
Keterangan : Lomba ketahanan di jalan raya di pegunungan Sisilia di Palermo, Italia ini adalah lomba balap mobil pertama di dunia, yang diselenggarakan dari tahun 1906 sampai 1977. Terkenal dengan jalanan yang sangat naik turun, penuh tikungan menjebak serta melewati bangunan & trek gravel & lumpur, Targa Florio menurut Pedal2theMetal adalah salah satu lomba balap mobil terberat & melelahkan di dunia!

Kecelakaan paling terkenal : Banyak pembalap legendaris mengatakan bahwa Targa Florio adalah balapan paling nekat & sinting, sampai-sampai penyelenggara WRC tidak memasukan Targa Florio dalam agenda, karena dianggap berbahaya. Salah satu kasus teranehnya adalah Giulio Masetti yang mengendarai Delage buatan tahun 1926 dengan nomor 13, yang langsung mengalami kecelakaan & tewas di tikungan pertama! Membuat nomor 13 tidak lagi dipakai di arena Grand Prix karena dianggap membawa sial.

07.) Circuito da Guia, Macau

Keterangan : Bicara soal sirkuit yang berbahaya, tidak hanya didominasi oleh Amerika & Eropa, namun juga ada di Asia. Salah satunya adalah Macau Grand Prix, yang memakai sirkuit Guia, trek jalan raya. Trek ini dikenal karena mirip Monaco, namun lebih sempit, bergelombang, namun juga memiliki trek lurus untuk dipacu habis-habisan, membuatnya butuh settingan mobil & motor serta skill mengemudi dan kenekatan yang luar biasa.

Kecelakaan paling terkenal : Pembalap yang berlomba di Macau Grand Prix, memiliki banyak latar belakang, dari pembalap-pembalap yang nantinya menjadi terkenal seperti Ayrton Senna, Michael & Ralf Schumacher, David Coulthard, sampai member dari Triad! Salah satunya adalah Andely Chan, pimpinan dari gang Sun Yee On, yang di tahun 1993 mengikuti lomba ini. Ia sendiri ditembak di hotel bersama mekaniknya, dan beberapa jam sebelumnya ia didiskualifikasi, karena memakai parts ilegal di mobilnya!

06.) Circuit de Spa-Francorchamps
Mercedes Benz Spa
Keterangan : Trek yang paling dinantikan oleh para penggemar Formula 1 serta lomba lain seperti ketahanan 24 Jam mobil & motor serta turing, karena memiliki tipe cepat, berbukit serta berliku-liku, yang sangat membutuhkan teknik & pengalaman yang hebat. Memiliki banyak seksi yang legendaris, dari Masta Kink yang “dibenci” karena sangat berbahaya, Blanchimont, sampai Eau de Rouge yang disukai karena memberi pengalaman yang unik, menegangkan, sekaligus menyenangkan!

Kecelakaan paling terkenal : Sudah 23 pembalap tewas karena kekejaman sirkuit yang pertama kali dipakai pada tahun 1922 ini. Salah satu kecelakaan yang terkenal adalah pada Grand Prix tahun 1960, dimana Chris Bristow memelintir mobilnya di tikungan Burnenville, dan langsung terlempar menuju kawat berduri, dan kepalanya langsung terpenggal! Bahkan seorang Stirling Moss sendiri mengalami patah kaki & tulang rusuknya, beberapa hari sebelumnya di tempat yang sama.

05.) Circuit de la Sarthe / Le Mans 24 Heures
Audi Le Mans
Keterangan : Pedal2theMetal rasa, Le Mans 24 Heures adalah salah satu kompetisi motorsport yang paling bergengsi di dunia. Kejuaraan ketahanan Le Mans selama 24 jam yang sudah berlangsung sejak tahun 1923 ini dikenal berbahaya serta memiliki jalur lurus Mulsanne yang mampu dipacu sampai 405km/h! (Rekor itu diukir oleh WM Peugeot P88 dengan pengemudi Roger Dorchy)

Kecelakaan paling terkenal : La Sarthe, merupakan sirkuit yang paling banyak memakan korban di sejarah motorsport. Pada tahun 1955 pada kompetisi Le Mans 24 Jam, pembalap Pierre Levegh terkena kecelakaan dengan Mercedes-Benz 300 SLR, dan langsung menerjang penonton. 84 orang termasuk Levegh tewas, dan 120 luka-luka. Kejadian ini juga membuat kompetisi balapan di Eropa dilarang sementara, meski akhirnya dilepas, kecuali Swiss yang sampai hari ini masih melarang kegiatan motorsport.

04.) Autodromo Nazionale Monza
Monza Crash
Keterangan : Merupakan sirkuit yang sangat terkenal, karena menggelar balapan yang terkenal di dunia, yaitu Formula 1, WSBK, serta WTCC. Merupakan sirkuit yang bertipe cepat, yang membutuhkan downforce yang lemah agar mampu mencapai kecepatan super (bisa mencapai 372km/h!), dan akan disambut oleh tikungan legendaris, Curva Parabolica.

Kecelakaan paling terkenal : Monza, Pedal2theMetal akui memang trek yang sangat kejam. Sudah lebih dari 50 orang menjadi korban sirkuit yang dibuka pada tahun 1922 ini, dan yang paling tragis adalah kematian Wolfgang von Trips bersama 14 penonton ketika Grand Prix tahun 1961, dimana ia bertabrakan dengan Lotus tunggangan Jim Clark di tikungan Parabolica. Padahal, ia berkemungkinan menjadi juara Grand Prix pertama dari Jerman.

03.) Indianapolis Motor Speedway
Indy 500 Crash
Keterangan : Sirkuit yang dikenal di Indonesia karena pernah menggelar Formula 1 (berakhir pada tahun 2007) serta MotoGP (masih diselenggarakan sampai hari ini) merupakan fasilitas olahraga dengan kapasitas terbesar di dunia (mampu menampung 400.000 orang!). Salah satu lomba yang paling dinanti-nantikan adalah Indy 500, karena layout sirkuit yang simpel & mampu dipacu sampai 385km/h, membuat tensi kompetisi sangatlah ketat & menegangkan, dan membuat Indianapolis 500 masuk dalam Triple Crown of Motorsport.

Kecelakaan paling terkenal : Lebih dari 40 pembalap tewas di Indy 500. Salah satu kecelakaan yang legendaris terjadi di tahun 1931. Awalnya pada saat latihan, terjadi kecelakaan yang menewaskan Joe Caccia beserta mekaniknya, Clarence Grover. Lalu pada saat balapan, terjadi kecelakaan dimana mobil Billy Arnold hancur berkeping-keping, dan salah satu bannya terbang melewati pagar pembatas yang mengenai seorang bocah berusia 12 tahun bernama Wilbur Brink yang sedang bermain di halaman rumahnya dekat trek, dan langsung tewas di tempat!

02.) Nürburgring – Nordschleife Configuration
Schumacher Rosberg
Keterangan : Nürburgring merupakan salah satu sirkuit yang terkenal sulit & panjang (28,265 km!). Namun, ada konfigurasi sirkuit yang diakui sebagai sirkuit paling sulit ditaklukan bernama Nordschleife (Northern Loop). Memiliki karakteristik khas trek di list ini seperti naik-turun, berlika-liku, serta tentu saja : Menjebak. Membuat 25 pabrikan mendirikan markas disini untuk pengetesan mobil sport mereka. Sir Jackie Stewart sendiri, menjuluki sirkuit yang bisa disewa oleh publik ini dengan julukan “The Green Hell“, karena Pedal2theMetal akui, meski asri oleh pepohonan, namun mampu sekejam neraka!

Kecelakaan paling terkenal : Salah satu kecelakaan yang paling terkenal adalah yang menimpa Niki Lauda pada tahun 1976, yang meski menjadi pembalap yang tercepat disana, namun melakukan boikot atas keselamatan sirkuit ini. Ternyata benar, seminggu setelahnya pada saat balapan, ia tertimpa kecelakaan yang membuat Ferrari miliknya terbakar, dan ia terjebak didalamnya! Untunglah ia selamat dan kembali ke arena Formula 1.

01.) Dakar Rally – Paris Dakar

Rally Raid

Image courtessy of CADILLAC

Keterangan : Rally raid / Cross Country, adalah kompetisi off-road yang berat karena memakan waktu berhari-hari serta melewati medan yang brutal. Bagaimana jika rally ini dimulai dari Paris, menuju Dakar, Senegal? Tentu saja sangat gila! Ini membuat rally ini dijuluki sebagai kompetisi motorsport paling berbahaya & membutuhkan seluruh kemampuan mengemudi, surviving-skill, navigasi, dan tentu saja, keberuntungan. Sekarang, sejak tahun 2009, Dakar Rally yang rata-rata menelan korban 1 orang / tahun ini digelar di Amerika Selatan (start & finish di Buenos Aires)

Kecelakaan paling terkenal : Pada tahun 1988, terjadi kecelakaan yang luar biasa : Merenggut nyawa 3 peserta, yaitu Jean-Claude Huger, Kees van Loevezijn & Patrick Canado, lalu 4 orang non-pembalap, yaitu kru film, ibu & anak, serta pejalan kaki, salah satunya Baye Sibi, anak perempuan berusia 10 tahun yang sedang menyebrang. Lebih gilanya lagi, karena rally ini, terjadi kebakaran di hutan lokal yang membuat panik perjalanan kereta Dakar & Bamako, dan lagi-lagi 3 orang meninggal…Benar-benar kacau!

Impreza Jump
Itu adalah 10 sirkuit & trek yang Pedal2theMetal rasa merupakan yang paling berbahaya di dunia. Namun, tentu saja para pembaca Pedal2theMetal menginginkan sirkuit dibawah ini yang saat ini rekornya (untuk mobil) dipegang oleh Subaru Impreza WRX STi US Spec 2011 dengan pengemudi Mark Higgins ini masuk dalam list bukan? Jadi Pedal2theMetal memberikan gelar “Pemenang honorer” pada….

Snaefell Mountain Course

Keterangan : Trek yang berada di kepualuan Isle of Man ini, adalah trek yang dipakai oleh kompetisi motorsport paling kejam & mengagumkan di dunia, Isle of Man Tourist Trophy, sejak tahun 1907 sampai hari ini. Bayangkan trek yang naik-turun, berkelok-kelok serta melewati jalan raya perkotaan, anda akan mendapatkan salah satu tontonan olahraga paling dahsyat di dunia, dan juaranya akan dianggap sebagai bikers paling badass di dunia, melebihi juara MotoGP atau WSBK!

Kecelakaan paling terkenal : Awalnya Isle of Man TT yang sudah merenggut 227 nyawa partisipannya ini masuk dalam kalender Grand Prix Motor dari tahun 1949 sampai 1976 serta rally mobil RAC Tourist Trophy pada tahun 1914 & 1922, namun karena dinilai sangat berbahaya serta sering terjadi kecelakaan yang salah satunya menimpa Gilberto Parlotti, membuat FIM menghentikan agenda GP Motor di trek yang sebelumnya menjadi trek yang paling dinantikan oleh fans GP Motor pada saat itu.

Oke, sekian dulu list buatan Pedal2theMetal soal trek & sirkuit balapan mobil paling berbahaya di dunia. Dari list yang tidak sempurna & sahih ini, kita tahu bahwa mengemudi & balap itu sangatlah berbahaya, meskipun teknologi & fitur-fitur keamanan sudah lengkap & canggih. Jadi, tetaplah ingat kalau dalam setiap jengkal aspal & tanah yang kita jejaki dengan mobil, tersimpan resiko kecelakaan & kematian yang bisa merenggut nyawa kita setiap saat.

Keep safe driving!

About these ads

15 thoughts on “10 Sirkuit & Trek Balapan Mobil Paling Berbahaya Di Dunia

  1. paling suka ama artikel bginian.. mantap..

    itu mille miglia klo ga salah enzo dituntut di pengadilan karena menciptakan mesin pembunuh… mobilnya terbang, si pembalap terpental brp puluh meter di udara dan mendarat dengan badan patah2… mesinnya yg lagi terbakar kyk bola api ngehantam penonton… :shock:

    • kalo aye baca sih katanya karena ban yang dipakai tuh gak layak….selain bekas (maksudnya blom diganti) juga gak sesuai dengan tenaganya….Jadi wee meleduk :(

      Balapan jaman dahulu emang menarik, karena inovasi-inovasinya bener-bener gak nanggung-nanggung, kalo perlu nyawa pembalapnya dipertaruhin :twisted:

      • pemasalahn paling sering emang ban pecah.. selain itu performa juga ga didukung ama safety pada waktu itu… jd performa mesin mendahului safety..
        Ferrari emang salah satu mesin pembunuh di dunia balapan… itu Wolfgang von Trips kan juga pake ferrari yah pas nabrak lotus… alberto ascari juga tewas pake ferrari, selain itu ada Gilles Villenuve… ckckck :shock:

        balapan dulu jauh lebih gagah… pembalap tuh bnran kayak koboy :twisted: :mrgreen:
        klo balapan F1 mengerikan kayaknya berakhir di Senna.. sejak dia tewas katanya fokus terpenting dari balapan berubah ke safety.. yah mobilnya ga liar2 lg…
        klo motogp ya berakhir era 2-tak, maka berakhir motor2 liar yang geal geol kyk nsr500 :(

        • Hahaha….Ferrari emang gilaaaa, cuman ya memang mesti mental nekat kalau mau juara, kalau safety nomor satu ya gak bsia ngegebrak

          Nah, bisa jadi kalau mobil, lebih safety paska tragedi itu, tapi kalau motor….kayaknya era 4-stroke juga masih dahsyat (balapannya), kalau NSR500….itu sih memang bangsat bener, masa motor akselerasinya sama kayak F1!? Ngeriiiii

      • padahal klo ngeliat imej ferrari tuh kyk mobil sport org super kaya yg malah ga pantas disematkan kata brutal :mrgreen: .. lebih ccok ngendon di salon mobil… tp klo sekarang di F1 emang sih ferrari jagoannya pits stop…

        kalo motogp 4-stroke yg brutal jaman awal2 peralihan dr 2-stroke.. waktu itu motor gilanya ya honda lg Rc211v.. NSR500 itu yg bikin kaki doohan diamputasi trus disambung lg ala kadarnya demi ikut balapan.. edan :twisted:
        kalo jaman F1 modern mobil paling gila siapa yah? sempat dgr BMW.nya williams :roll:

        • Ferrari itu brutal! Bahkan lebih liar dari Lamborghini yang sudah kurang “jantan” lagi gara-gara pakai penggerak AWD, karena supercar sejati yang ganas & buas, mestilah MR & FR :twisted:

          Soal pitstop…kru Ferrari dah kayak karyawan pabrik, mungkin dalam waktu 8 jam bisa rakit 1 mobil, dengan kualitas yang sama & ketelitian yang luar biasa….edan emang, kecepatannya memang akurat

          Nah itu, MotoGP era peralihan 4-tak tuh pas gila2nya, demi kejar kekuatan 2-tak….Paling inget ya RCV & Ducati GP….eh sama Aprilia RS3 Cube, favorit aye tuh (apalagi pas bakar si Edwards :lol:

          Kalau F1 modern, bisa jadi BMW Wiliams dera Montoya & Ralf, dari dulu memang gak pernah bikin mobil yang mudah dikendarai, tapi kalau paling brutal…..mungkin BAR Honda yang screamer abis mesinnya…..

      • Lambo uda cocok dikasi label quatro hihihihi :mrgreen:

        bukan cuma kecepatan kerja di pit, tp timing kapan pembalap harus masuk pit stop juga akurat banget… bisa juara dr modal pit stop doang… strateginya badass :lol:

        RS3 cube itu termasuk motor gila d motogp RC pake mesin 5 silinder, R3 malah pake mesin 3 silinder racikan Cosworth… part2nya juga banyak pake part F1 :shock:

        BAR honda sayangnya sial mulu.. villenuve podium aja cuma pernah liat sekali…kayaknya durabiliti mobilnya ga bagus …

  2. heee…masbro kalo sentul circuit gimane nih bang ???? …

    btw thanks video subaru-nya …kueren abissss ( palagi sambil ngeliat speedometer-nya ….wuihhhhh …. ngerem mendadak atau lupa belok = saipul jamil kedua nihhhh )

    thanks

    • Sentul? Gak bahaya kok itu…..diliat dari lebar & layout sirkuitnya, gak sesulit sirkuit di atas, cuman….Aspalnya tolong itu lebih rata & prasarana-nya lebih lengkap :lol:

      Keren ya video Subaru-nya? Saving ala pereli emang keren, gak kayak Bang Ipul yang boro-boro saving, nabrak aja kagak sadar mungkin :(

      Sama-sama juga Mas Murry :)

  3. wah mantabs nich gan…..anda menguasai sekali dunia balap…..dri ke 10 sirkuit diatas ane lebih menyukai sirkuit Spa-Francorchamps…..selain menantang juga eksotis….apalagi dalam keadaan trek basah…..woww…! btw link anda sy taro dblogroll ane gan….

    • Wah, menguasai sih enggak Mas…mentok-mentok juga balapan sama istri rebutan ke kamar mandi duluan :lol:

      Spa memang eksotis, jalanan sekitarnya juga sangat cantik, membuat yang datang memang seperti datang ke surga balapan….auranya memang bikin kita pengen mengemudi sekencang-kencangnya!

  4. Pingback: Guy Martin, Kisah Sang Pembalap, Mekanik Truk & Aston Martin « Pedal 2 the Metal Autoblog

  5. Pingback: Rudolf Uhlenhaut, For The Love Of Three-Pointed Stars « Pedal 2 the Metal Autoblog

  6. Pingback: Rudolf Uhlenhaut, For The Love Of Three-Pointed Stars | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s